Nanik pilih Jalur Independen

Nanik Karsini membulatkan tekad maju dalam bursa Pilkada Magetan 2013 nanti melalui jalur independen, meski peluangnya lewat partai masih terbuka. Melangkahnya sosok perempuan asal Desa Buluharjo Kecamatan Plaosan menuju pemilihan bupati Magetan ini bakal berpasangan dengan Kolonel H. Sugiho Pramono (adik mantan Bupati Magetan, Saleh Mulyono, red) warga Bogem Kecamatan Sukomoro Magetan.

Nanik Karsini, salah satu pejabat di Sekretariat KPU pusat itu menilai peran serta dan partisipasi aktif perempuan selama ini belum diberdayakan maksimal di Magetan. Kaum perempuan sering terpinggirkan di setiap level kebijakan strategis yang diambil pemerintah kabupaten, “Saya akan menginspirasi kaum perempuan Magetan tampil di depan untuk membawa perubahan,” terang Nanik kepada MK, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jalur independen daya tariknya akan lebih besar dan meluas. Nanik meyakini hanya hanya melalui jalur politik inilah garis perjuangan politiknya itu bisa diperjuangkan. “Jadi perlu diketahui, kalau lewat partai, dalam bahasa politik merupakan loyalitas ideologis. Kalau independen atau perseorangan itu loyalitas figur,” jelasnya.

Kalau loyalitas yang dibangun oleh idologis partai, kata Nanik, itu sudah siap dengan jaringan sampai ditingkat bawah. Artinya, seorang kandidat tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat karena dijalankan oleh pengurus-pengurus partai yang ada, “Namun kalau loyalitas figur, maka seorang kandidat harus membangun jaringannya dan pasti akan bersentuhan langsung dengan masyarakat.” Ungkap Nanik.

Sejurus kemudian Nanik memaparkan, kalau melalui partai, pada saat memimpin nanti cenderung kepentingan partai akan lebih utama. Tapi kalau melalui independen atau perseorangan, maka masyarakat bisa menuntut karena rekomnya itu yang memberikan masyarakat secara langsung, “Nah, itu alasan saya kenapa kita memilih jalur independen dalam Pemilukada 2013 untuk calon Bupati Magetan,” pungkasnya. mon 
 
Sumber : magetankita.com
Diberdayakan oleh Blogger.