Terbengkalai, Proyek Jalan Tembus Tawangmangu–Sarangan Diprotes

Magetan - Tidak kunjung selesainya proyek jalan tembus Tawangmangu–Sarangan yang sudah digarap sejak delapan tahun lalu, menjadikan sebagian warga mulai kesal. Mereka mempertanyakan keseriusan pemerintah mengerjakan proyek itu.

"Dua tahun terakhir ini, jalan tembus digarap sangat sedikit. Malah bisa dikatakan tidak ada pengerjaan karena hanya meratakan dan sedikit pengaspalan saja. Padahal sebetulnya, sisa yang harus diselesaikan tinggal dua kilometer lagi," kata Camat Tawangmangu, Yopie Eko Jati Wibowo, Kamis (25/10).
Pihaknya sering mendapatkan keluhan dari warga, karena sebetulnya mereka sudah berharap jalan itu selesai sempurna. Sebab proyek tersebut sangat diharapkan akan membawa perubahan bagi pengembangan wilayah puncak Lawu itu.

Saat ini, pengerjaan jalan sampai di perbatasan ruas Blumbang–Kalisoro. Proyek terhenti karena masih menunggu jembatan knock down yang dijanjikan segera dikirim oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum.
"Memang meski tinggal dua kilometer, tetapi harus mengepras bukit dan membangun dua jembatan. Seperti yang lainnya, jembatanj dibikin sistem knock down, sehinga pengerjaannya cepat. Tapi sampai sekarang tidak kunjung datang dan dikerjakan," ungkapnya.

Anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek itu, diperkirakan masih sekitar Rp 80 miliar. Semuanya ditanggung pemerintah pusat dan Provinsi. Bagian Pemkab Karanganyar melakukan pembebasan, sudah selesai.
Tapi dua tahun ini, anggaran yang terkucur hanya Rp 10 miliar. Tahun 2011 Rp 5 miliar, dan tahun 2012 ini turun lagi hanya Rp 5 miliar. Karena itu hanya selesai sampai pengaspalan ruas Kalisoro sampai ujung yang akan disambung jembatan.

Lebih mengenaskan, saat ini kondisi jalan yang sudah selesai dibangun, mulai rusak lagi. Sebagian justru dirusak secara sengaja oleh warga yang menambang batu di perbukitan di pinggir jalan tembus itu. Tembok talud dijebol agar truk bisa leluasa mengangkut batu yang diambil dari bukit.


Diberdayakan oleh Blogger.