Daging Sapi Naik, Bakul Bakso Perkecil Pentol

Magetan - Semakin meroketnya harga daging sapi akhir-akhir ini memukul sektor usaha bakso daging. Namun penjual tidak berani menaikkan harga dan lebih memilih untuk memperkecil ukuran bakso.

"Kalau menaikkan harga jual bakso, saya takut malah baksonya tidak laku. Saya bisa dimarahi sama pelanggan. Alternatif satu-satunya adalah mengurangi ukuran bulatan bakso," ujar salah satu pedagang bakso asal Kecamatan Panekan, Simin, Jumat (23/11/2012).

Simin mengataan, selain mengurangi ukuran bakso, ia juga mengurangi jumlah belanjaannya. Jika biasanya ia mampu membeli daging sapi hingga 50 kilogram per hari, kini hanya tinggal setengahnya saja.

Hal yang sama dikeluhkan oleh salah satu pemilik usaha warung makan di sekitar rumah sakit daerah Magetan, Anik. Ia terpaksa mengurangi ukuran irisan daging untuk masakan rawon akibat tingginya harga daging sapi.

"Biasanya diirisi kotak-kotak ukuran 4-5 centimeter, kini tinggal setengahnya saja. Kalau tidak disiasati seperti, malah rugi nantinya. Yang penting bisa tetap jualan," kata Anik.

Sementara itu, saat ini di pasar sayur Magetan, harga satu kilogram daging sapi kualitas 1 sudah mencapai Rp90.000 per kilogram. Naik dari biasanya yang hanya berkisar Rp60.000 hingga Rp75.000 per kilogram.


Sumber : Beritajatim.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.