Polisi: 31 Titik Rawan Saat "Nyekar" PSHT Teratai

Kapolres Madiun Kota AKBP Adi Deriyan Jayamarta menyatakan, jika ada 31 titik yang mendapatkan perhatian khusus saat pelaksanaan acara nyekar ribuan poesilat yang tergabung dalam perguruan pencak silat setia hati (PSH) Teratai ke dua makam tokoh pendiri perguruan tersebut.
  
"Ada 31 titik rawan yang akan di awasi langsung oleh perwira pengendali (Padal). Lokasi ini adalah titik-titik yang patut diamankan karena rencananya akan menjadi jalur warga SH Terate untuk nyekar menjelang Suro atau Muharam," ujarnya, Selasa (13/11/2012).

Dalam acara nyekar kali ini, petugas yang disiagakan mencapai 2560 orang. Petugas pengamanan ini terdiri atas polisi, Brimob dan Polres jajaran sekitar Madiun Kota dan petugas TNI. Polres jajaran ini akan melakukan pengawalan warga SH Terate dari titik keberangkatan di daerah masing-masing, berkumpul dan berkegiatan di makam, sampai kembali lagi ke daerahnya masing-masing.

AKBP Adi Deriyan mengaku belum bisa memprediksi jumlah warga SH Terate yang akan melakukan tabur bunga di Kota Madiun. Dari informasi sementara yang didasarkan pada izin panitia pelaksana, peserta nyekar mencapai 5 ribu orang. "Tapi dari pengalaman tahun lalu, peserta bisa sampai 15 ribu orang. Kalau yang kali ini bisa lebih, bisa juga kurang. Paling banyak diperkirakan dari Magetan," kata AKBP Adi.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Madiun Kota AKP Kasiani menyatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah sejumlah skenario pengalihan bila terjadi kemacetan atau jalan-jalan dipenuhi peserta nyekar."Soal bagaimana pengalihannya, nanti kita lihat situasi di lapangan. Tapi sejumlah jalan dan daerah yang bsia menjadi kantong-kantong massa sudah diantisipasi dan diamankan," ujarnya.

Dua makam tokoh yang jadi pusat ziarah warga adalah makam pendiri SH Terate Ki Hajar Hardjo Oetomo di Desa Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun dan makam tokoh pendobrak dan pembaharu SH Terate RM Imam Koesoepangat di Keluarahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun.
 
 
Diberdayakan oleh Blogger.