Festival Ledhug Magetan 2012


http://magetan-indah.blogspot.comKalau mendengar kata Ledhug mungkin terdengar asing bagi anda!. Kata Ledhug ini adalah singkatan dari Lesung dan Bedhug. Nah Lesung adalah alat penumbuk padi jaman dahulu sebelum ada mesin. Biasanya orang dulu menumbuk padi menggunakan lesung dan sambil menyanyi dikarenakan benturan alat tumbuk dengan lesung menimbulkan berbagai macam bunyian.
Sedangkan bedhug adalah alat tabuh semacam genderang perang jaman dahulu dan biasanya digunakan untuk memanggil orang untuk sholat, dan bedhug banyak kita jumpai di masjid-masjid khususnya di Indonesia.
Dalam perkembangan jaman dua alat ini menjadi daya tarik  wisatawan karena menjadi salah satu aset kebudayaan bangsa Indonesia khususnya di Magetan ini.

Sobatku semua Festival Ledhug ini merupakan acara tahunan, dan biasanya di selenggarakan pada saat menyambut tahun baru islam di Magetan. Biasanya acara Festival Ledhug ini akan disambung dengan acara nya yaitu prosesi kirab nayoko projo dan pawai budaya andum berkah bolu rahayu.

Adapun Festival  Ledhug ini dibagi menjadi beberapa kategori:

  • Katagori Dinas dan Instansi sekabupaten Magetan yang acaranya dimulai hari ini 9 November 2012
  • Katagori Pelajar SMA sekabupaten Magetan yang acaranya akan dilaksanakan besok hari sabtu tanggal 10 November 2012. adapun pesertanya adalah pelajar SMA/SMK se Kabupaten Magetan. 
  • Katagori lintas Kabupaten, yang acaranya dilaksankan  hari minggu 11 November 2012. Adapun acara ini adalah eksebisi yang rencananya di ikuti oleh Kabupaten Pacitan, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Prambanan, Java Jine dan Prabang Kara. 
  • Katagori Lintas kecamatan, ormas dan paguyuban seni , yang tentunya akan diikuti oleh kecamatan, ormas dan paguyuban sanggar seni. Adapun hari pelaksanaannya pada hari senin 12 November 2012.
Acara festival ledhug ini tentunya menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat magetan. Festival ini biasanya dilaksanakan di alun-alun magetan sebelah timur.

Nah ane tadi habis pulang kerja juga nyempetin untuk nonton Festival Ledhug di alun-alun Magetan, adapun acaranya dimulai sekitar pukul 15.00 dan dibuka oleh Bupati Magetan Bp. Sumantri. Mata saya disamping melihat pertunjukan juga sesekali melirik para penontonya dan ternyata para peserta nampak bersemangat sekali dalam mengikuti festival ini meskipun usia mereka bukan muda lagi, sedangkan penontonyapun sesekali tertawa, tersenyum, dan bertepuk tangan untuk mensuport para peserta Festival Ledhug.

Semoga dengan selalu diselenggarakannya festival seperti ini akan tetap menjaga seni budaya yang ada di kabupaten magetan ini.

Festival ini masih berlanjut sampai malam hari, dan para peserta masih semangat meskipun sekarang magetan sedang diguyur hujan.

Lumayanlah, para pedagang kaki lima juga ikut menikmati alunan musik Ledug sekaligus mendapat keuntungan karena laris berjualannya.
 
Sumber : magetanindah.com 
 
 
Diberdayakan oleh Blogger.