Gerbong Mutasi Pemprov Jatim Sore Ini Bergerak


Menjelang pilgub Jatim 2013, Gubernur Jatim Soekarwo akan melakukan perombakan kembali jajaran pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan SKPD pemprov. Mutasi ini menjadi menarik karena di tengah isu belum pastinya incumbent Soekarwo-Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berpasangan kembali.

Informasi yang didapat beritajatim.com, mutasi akan digelar pada Jumat (21/12/2012) sore ini di gedung negara Grahadi Surabaya. Untuk pejabat eselon II dan III akan dilantik gubernur pada pukul 15.00 sore. Sedangkan, pejabat eselon IV dilantik Sekdaprov Jatim Rasiyo pukul 16.00 sore.

"Iya benar, Mas, mutasi akan dilaksanakan nanti jam 3 sore. Saya sudah terima undangannya. Sepertinya hanya eselon III dan IV yang dilantik, kalau eselon II saya tidak tahu jamnya," ujar salah seorang kepala dinas pemprov kepada beritajatim.com, Jumat (21/12/2012).

Pejabat pemprov di lingkungan Baperjakat Jatim membenarkan mutasi digelar sore ini. "Siap, Mas, benar," katanya singkat.

Mutasi pejabat awalnya akan digelar pada pertengahan Desember lalu, tapi tertunda karena ada kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jatim (Magetan dan Madiun) pada 11-13 Desember 2012 lalu.

Seperti yang diketahui, ada lima pejabat eselon II yang masuk usia pensiun pada akhir tahun ini. Mereka adalah Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Provinsi Jatim Zainal Abidin, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim Kardani, Kepala Disnakertransduk Jatim Hary Soegiri, Kepala Dinas Kominfo Jatim Harjogi dan Kepala Biro Administrasi Kesmas Setdaprov Jatim Thoriq Affandie.

Dari lima pejabat itu, satu yang sudah pasti diperpanjang adalah Kepala Bappeprov Jatim Zainal Abidin.

Mutasi pejabat eselon II (setingkat kepala dinas/badan/biro) ini berbarengan dengan belum jelasnya nasib Sekdaprov Jatim Rasiyo yang bakal diperpanjang jabatannya. Jika pada 17 Desember 2012 (usia 61), Rasiyo diperpanjang untuk kali kedua hingga 17 Desember 2013 (usia 62), artinya pejabat eselon II yang akan pensiun bisa jadi juga diperpanjang.

Nama-nama yang beredar dan berpeluang sebagai Plt Sekdaprov Jatim mengganti Rasiyo, di antaranya adalah Asisten IV Sekdaprov Akhmad Sukardi, Asisten II Sekdaprov Hadi Prasetyo, Kadis Pendidikan Jatim Harun dan Kepala BKD Jatim Akmal Boedianto.

Ketua DPD Partai Hanura Jatim Kuswanto kepada beritajatim.com saat ditemui pada acara tabur bunga memperingati HUT Hanura di Taman Makam Pahlawan Mayjen Sungkono hari ini mengatakan, Rasiyo hampir pasti tidak diperpanjang oleh Kemendagri. "Saya ngobrol dengan Pakde Karwo beberapa waktu lalu, kalau surat usulan perpanjangan Rasiyo ditolak. Tapi saya belum tahu siapa yang ditunjuk sebagai Plt Sekdaprov atau langsung ditentukan definitif," katanya.

Informasi yang berkembang, ada dua nama pejabat berpeluang kuat mengganti Rasiyo, yakni Akhmad Sukardi dan Harun.

Sumber : Beritajatim.com

Diberdayakan oleh Blogger.