Jalan Tembus Tawangmangu - Magetan Ambrol dan Ambles

Magetan - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Tawangmangu dalam beberapa hari terakhir ini mengakibatkan talud di jalan tembus ambrol. Tidak hanya itu, ruas jalan di jalur proyek Karanganyar - Magetan itu juga ambles hingga sedalam 1,5 meter.
"Kejadiannya Rabu petang. Saat itu hujan terus mengguyur wilayah puncak Lawu dari pagi hingga malam hari. Setelah diguyur hujan terus menerus dari sejak pukul 10 pagi, ternyata diketahui talud di jalan tembus ambrol. Kami kemudian melapor ke Dinas Bina Marga Jateng", kata Yopi Eko Jati Wibowo, Camat Tawangmangu.
Kerusakan yang terjadi akibat longsor ini terbilang cukup parah. Selain kondisi bahu jalan yang ambles hingga 1,5 meter, bibir talud juga mengalami penurunan sedalam 1,5 meter dengan panjang kerusakan mencapai 20 meter lebih.
Diakui, dari sejak dimulai pengerjaannya pada 2004 lalu, proyek jalan tembus baru ambles kali ini. Meski demikian, kerusakan pada talud di jalan tembus kali ini masuk dalam kategori force major atau faktor bencana alam berupa longsor.
Hal ini disebabkan oleh kondisi tanah di sepanjang jalan tembus sendiri cukup sulit untuk diprediksi. "Dibandingkan wilayah lain di Jateng, tanah di Tawangmangu ini susah ditebak. Di musim kering itu tanahnya keras sekali, tapi setelah masuk musim hujan tanahnya berubah menjadi gembur", ungkapnya.
Untuk proses pengerjaan yang telah dilakukan dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir ini, proyek jalan tembus ditarget rampung pada tahun 2013 mendatang.
Target itu telah menjadi ketetapan dari pemerintah pusat sehingga tidak dapat diubah lagi. Sisa pengerjaan jalan yang masih belum kelar hingga saat ini masih sepanjang dua kilometer lebih.
Sebisa mungkin akan dirampungkan sesuai yang telah ditargetkan. Tahun 2013, pengerjaannya langsung dua tahap dengan dua kontraktor sekaligus.


 
Diberdayakan oleh Blogger.