Bupati Optimis Pertahankan Surplus Beras


NGUNTORONADI - Meskipun sedang marak serangan hama penggerek batang tidak membuat Pemkab pesimis. Pemkab meyakini produktivitas gabah lokal masih bisa dipertahankan. Dari target 289 ton tahun ini, separuhnya diproyeksikan terpenuhi dari panen raya selama Maret dan April. Sisanya bisa didapatkan pada musim tanam II yang diprediksi lebih menjanjikan.

Bupati Magetan H Sumantri berkata, target produksi gabah lokal mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Dari 279 ton menjadi 289 ton. Target ini sengaja dinaikkan untuk memicu semangat petani dalam mengelola lahan pertaniannya.

Masih menurut Sumantri, serangan hama tidak terlalu berpengaruh terhadap produktivitas gabah lokal lantaran Dinas Pertanian (Disperta) sudah melakukan antisipasi dengan menyemprotkan pestisida dan insektisida. Malah sekarang lebih banyak lahan persawahan yang menghasilkan gabah berlipat.

Kepala Disperta Magetan, Eddy Supono mengatan, tahun lalu Magetan surplus 106,5 ton beras. Angka itu didapat dari produksi 173 ton dikurangi konsumsi sebanyak 66,5 ton. Sementara sampai saat ini, lahan produktif 20.240 hektare.
Diberdayakan oleh Blogger.