Jumlah DPT Pilkada Magetan 2013 Berkurang

MAGETAN - Jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada Kabupaten Magetan 2013 dipastikan berkurang dari data yang terdapat dalam daftar pemilih sementara (DPS) setelah proses pemutakhiran yang dilakukan KPU setempat.

Komisioner KPU Kabupaten Magetan Hendrad Subiyakto, Sabtu, mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Magetan 2013 setelah proses pemutakhiran menjadi 553.724 orang.

"Dari jumlah tersebut diketahui pemilih laki-laki sebanyak 266.008 orang dan pemilih perempuan mencapai 287.716 orang," ujar Hebdrad.

Menurut dia, jumlah DPT tersebut berkurang atau mengalami penurunan jika dibandingkan jumlah DPS sebelumnya yang mencapai 554.716 orang.

Berkurangnya jumlah tersebut dipicu oleh beberapa faktor perbaikan data pemilih. Di antaranya adalah pencoretan daftar pemilih ganda, perpindahan tempat tinggal, meninggal dunia, dan perubahan dari warga yang tidak mempunyai hak pilih karena terdaftar sebagai anggota TNI/Polri.

Adapun, proses pemutakhiran data pemilih dari DP4 menjadi DPS hingga menjadi DPT telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan dengan melibatkan para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) setempat.

"Daftar pemilih tersebut sedang diumumkan di setiap kantor kelurahan ataupun desa. Diharapkan semua warga Magetan yang memiliki hak pilih telah terdaftar," kata Hendrad.

Dengan adanya DPT tersebut, KPU Magetan berharap Pilkada 2013 dapat berjalan lancar.
Sehingga, permasalahan atau konflik pilkada yang mempersoalkan daftar pemilih tidak terjadi.

Seperti diketahui, Pilkada Kabupaten Magetan 2013 rencananya akan digelar pada tanggal 24 April mendatang. Pesta demokrasi tingkat kabupaten tersebut akan diikuti oleh tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Ketiga pasangan calon tersebut adalah, nomor urut 1 yakni pasangan "incumbent" Sumantri-Samsi (SMS) yang diusung PDI Perjuangan dan Golkar, nomor urut 2 adalah pasangan jalur perseorangan Nanik Karsini-Sugiho Pramono (NasPro), dan nomor urut 3 adalah pasangan Djoko Prabowo-Hartoto (Djowo Toto) dari koalisi Partai Demokrat, PAN, Partai Patriot.

Dikutip : AntaraOnline
Diberdayakan oleh Blogger.