Persiapan Pilbup dan Pilgub Jatim KPU Magetan Lantik 90 PPK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur.
Komisioner KPU Magetan Agus Suprihatin mengatakan, jumlah PPK yang dilantik mencapai 90 orang. Dengan rincian, dari 18 kecamatan yang ada di Magetan, masing-masing kecamatan terdapat lima orang petugas.
“Dari 90 orang PPK yang dilantik tersebut, mayoritas merupakan PPK dari Pilkada Magetan yang akan dilaksanakan pada April 2013,” ujar Agus kepada wartawan, , Selasa (19/03/2013).
Pihaknya memang memprioritaskan PPK dari Pilkada Magetan, karena dianggap sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang pemilihan umum.
“Namun jika yang bersangkutan tidak bersedia dipilih kembali menjadi PPK pada pilgub, maka KPU akan menggantinya dengan anggota yang baru melalui proses seleksi,” kata dia.
Menurut dia, meski sebagian besar merupakan PPK Pilkada Magetan, para anggota PPK Pilkada Jatim yang dilantik dan diambil supahnya tersebut telah mengikuti seleksi ulang yang diselenggarakan oleh KPU setempat. Adapun, seleksi yang dilakukan adalah seleksi administrasi, tulis, dan juga wawancara.
Selain itu, meski sebagian besar merupakan PPK Pilkada Magetan yang telah memiliki pengalaman, para PPK Pilkada Jatim tersebut tetap harus menjalani bimbingan teknik yang jadwalnya akan ditentukan oleh KPU setempat.
“Bimbingan teknik tersebut bertujuan untuk memantapkan kinerja mereka pada Pilgub Jatim 2013 yang akan digelar pada Agustus mendatang,” tuturnya.
Agus menambahkan, nantinya PPK akan bertugas membantu KPU pada tingkat kecamatan. Hampir semua kegiatan KPU ikut dilaksanakan oleh PPK, hanya saja lingkup wilayahnya lebih kecil. Selain itu, KPU dan PPK nantinya juga akan dibantu oleh panitia pemungutan suara (PPS) yang bertugas di tingkat desa.
Sementara, terkait pelaksanaan Pilkada Magetan 2013, saat ini KPU Magetan telah menetapkan jadwal kampanye bagi tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ada.
Sesuai hasil rapat dengan tim kampanye calon bupati dan wakil bupati, ditetapkan jadwal kampanye selama 14 hari, mulai tanggal 7 hingga 20 April 2013. Sedangkan pemungutan suara Pilkada Magetan 2013 akan dilaksanakan pada 24 April.


 
Diberdayakan oleh Blogger.