Longsor, Jalur Tawangmangu-Magetan Lumpuh

Selama dua hari, ruas jalur utama yang menghubungkan wilayah Tawangmangu–Magetan, sekaligus Jateng-Jatim lumpuh total. Hal itu disebabkan longsor cukup besar di badan jalan di Dusun Tlogodingo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.
Sejak malam tadi (7/4), gundukan tanah menutup seluruh jalan, sehingga lalu lintas berhenti total. Seluruh upaya pengerukan dan pembuangan bekas longsoran baru bisa diselesaikan Senin (8/4) siang ini, dengan peralatan seadanya.
Camat Tawangmangu, Yophi Eko Jati Wibowo, menuturkan bencana longsor kali ini terjadi sekitar pukul 21.30 Wib pada Sabtu (6/4) malam.
"Akibatnya kendaraan tidak bisa lewat. Bahkan truk dan kendaraan dari Magetan maupun Tawangmangu yang terjebak di ruas itu harus menginap sampai tanah longsoran bisa dibersihkan," kata dia.
Tingginya tumpukan longsor mengakibatkan proses evakuasi tak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Terutama sampai Minggu sore, benar-benar lumpuh total. Kendaraan yang terjebak menumpuk dan harus menginap.
"Jalan baru bisa dibuka Minggu sore untuk satu arah sehingga harus bergantian. Itupun harus dipandu petugas karena dikhawatirkan masih akan terjadi longsoran secara tiba-tiba. Senin pagi sampai siang, seluruh tanah longsoran mulai dikeduk lagi dan diperkirakan baru akan selesai seluruhnya Senin sore," kata Yopi.


 
Diberdayakan oleh Blogger.