Tahun Ini, Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan Rampung

Pemerintah pusat telah memberikan kepastian untuk menyelesaikan pembangunan jalan tembus Tawangmangu-Magetan, yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Pembangunan jalan yang berada di perbatasan Kabupaten Karanganyar dengan Kabupaten Magetan itu rencananya akan dimulai bulan Mei dan bakal berlangsung selama delapan bulan. Masih ada ruas jalan sepanjang dua kilometer yang harus diselesaikan.
Sekretaris Daerah (Sekda ) Karanganyar Drs Samsi MSi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk penyelesaian. Sebab, biaya untuk pembangunan sepenuhnya berada di tangan pemerintah pusat.
"Proyek jalan tembus Tawangmangu-Magetan adalah proyek pemerintah pusat dan anggarannya semua berasal dari APBN," tandas Sekda Samsi, tatkala ditemui. Menurut Sekda, surat pemberitahuan kelanjutan proyek pembangunan jalan tembus juga sudah dikirimkan kepada Bupati Karanganyar.
Sekda mengemukakan, ruas jalan sepanjang dua kilometer yang harus diselesaikan, adalah yang berada di titik 45 - 47, yang berada di Desa Gondosuli, Tawangmangu. Selain pembangunan fisik jalan, pekerjaan lain yang masih harus dilakukan adalah pembuatan jembatan, serta saluran air, yang detailnya dia tidak mengetahui. "Coba saja ditanya ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk detail pekerjaan teknis lainnya," jelas Sekda.
Proyek pembangunan jalan yang berada di lereng Gunung Lawu itu bakal dikerjakan selama delapan bulan, mulai bulan Mei hingga akhir tahun ini. Dan bila sudah selesai, jalan tembus Tawangmangu- Magetan bakal menjadi jalan provinsi atau jalan nasional.
Mantan Sekretaris DPRD itu mengungkapkan, bial sudah selesai, jalan tersebut bakal menjadi ruas jalan alternatif dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur dan sebaliknya. Selama ini, untuk jalur tersebut banyak yang lewat dari Sragen, yang saat ini semakin lama semakin ramai dan padat, bahkan tidak jarang mengalami kemacetan dan seringkali terjadi kecelakaan.


 
Diberdayakan oleh Blogger.