ANGGARAN LPJU : Anggaran LPJU Tawangmangu-Magetan Rp200 Juta

Pemkab Karanganyar mengucurkan anggaran senilai kurang lebih Rp200 juta untuk membiayai pemasangan ratusan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sepanjang jalan tembus Tawangmangu-Magetan. LPJU tersebut segera dipasang jika proyek pengerjaan jalan tembus Tawangmangu-Magetan rampung.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar, Didik Joko Bakdono, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Jateng terkait rencana pemasangan LPJU di sepanjang jalan tembus Tawangmangu-Magetan.
“Sudah dikoordinasikan dengan Pemprov Jateng, jadi setelah proyek pengerjaan jalan tembus kelar maka LPJU segera dipasang,” ujarnya saat ditemui wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (20/5/2013).

Menurutnya, LPJU yang dipasang di jalan tembus Tawangmangu-Magetan tak jauh beda dengan yang dipasang di sepanjang Jl Solo-Sragen. Pengerjaan pemasangan LPJU di sepanjang jalan tembus Tawangmangu-Magetan ditargetkan selama satu-dua bulan.
Dengan adanya LPJU maka dapat memberikan penerangan pada para pengguna kendaraan bermotor yang melewati jalan tembus Tawangmangu-Magetan. Selain itu, LPJU diperlukan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas.
“Para pengguna kendaraan bermotor tak usah khawatir jika melewati jalan tembus karena LPJU segera dipasang,” terangnya.

Selain itu, pihaknya bakal memprioritaskan penambahan LPJU di wilayah pedesaan terutama di lokasi tempat ibadah dan sekolah. Masyarakat dapat mengajukan penambahan LPJU dengan membuat proposal yang diserahkan ke instansi terkait.

Sementara Kabid Pertamanan dan Penerangan Jalan DKP Karanganyar, Sigit Setyawan, mengungkapkan selama ini penambahan pemasangan LPJU terganjal anggaran minim. Artinya, penambahan pemasangan LPJU diprioritaskan di jalan yang kerap dilewati para pengguna kendaraan bermotor.


Sumber: Solopos.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.