Dandim 0804/Magetan Revitalisasi Tugu Pancasila bersama DPC KNPI Magetan

PANEKAN - Magetan pada hari Sabtu 1 juni 2013, Demikian kalimat terakhir Hatta dalam "Pantjasila Jalan Lurus", 13 Januari 1966. Kalimat itu dikutip lagi oleh Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Soelistyo Bawono dalam acara revitalisasi Tugu Pancasila di Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan.

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Soelistyo Bawono, Magetan bersama Kapolres Magetan, dan jajaran muspida Kabupaten Magetan melakukan revitalisasi berupa renovasi dan pengecatan tugu Pancasila yang ada di beberapa titik di desa Sumberdodol. Acara yang diselenggarakan DPC KNPI Magetan ini dimaksudkan sebagai peringatan lahirnya Pancasila, 1 Juni.

"Desa Sumberdodol ini menyimpan sejarah khusus dalam pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Para founding fathers bangsa kita pernah berkumpul di sini. Bahkan Bung Hatta secara khusus menyebut dalam memoarnya. Beliau pernah singgah di pasar Sumberdodol ini dan mengembangkan ide koperasi bagi pedagang," urai Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Soelistyo Bawono.

Penghayatan Pancasila, lanjutnya, tentu tidak berhenti pada seremoni dan simbolisasi. "Lebih penting lagi adalah bagaimana membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa. Sebagai kader ideologis Bung Karno, dan sebagai petugas partai, wajib hukumnya menjalankan apa yang diamanahkan lima sila itu," ucapnya. (Tsr dim 0804/mgt)



Sumber: kodim-magetan.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.