MUDIK LEBARAN 2013 : 3 Kantong Parkir Disiapkan di Jalur Tawangmangu

Tiga titik lokasi kantong parkir darurat di sekitar jalur Tawangmangu, Karanganyar disiapkan menjelang Lebaran.  Ketiga kantong parkir tersebut yakni di sekitar Terminal Tawangmangu, jalan tembus Karanganyar-Magetan dan jalur menuju objek wisata Grojogan Sewu.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, mengatakan jalur Tawangmangu dipastikan terjadi peningkatan volume kendaraan bermotor saat perayaan Lebaran. Kondisi ini disebabkan para pemudik yang pulang ke kampung halaman memanfaatkan liburan dengan berwisata ke objek wisata.
“Ada tiga titik kantong parkir darurat yang disiapkan saat Lebaran,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (21/7/2013).

Lahan parkir di sekitar objek wisata Tawangmangu masih kurang sehingga menjadi salah satu pemicu kemacetan arus lalu lintas. Padahal volume kendaraan bermotor menuju jalur Tawangmangu bakal melonjak tajam. Bila terjadi kemacetan arus lalu lintas maka kendaraan bermotor diminta diparkir di kantong parkir darurat.

Sementara pengaturan arus lalu lintas dilakukan dengan sistem buka tutup baik kendaraan bermotor dari Solo maupun Magetan. “Selain menuju objek wisata, jalur Tawangmangu menjadi jalur arus mudik dan balik Lebaran. Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengatur arus lalu lintas saat Lebaran,” terangnya.

Petugas akan disebar di beberapa lokasi rawan kemacetan arus lalu lintas. Mereka akan dibantu elemen masyarakat seperti anggota pramuka dan karang taruna. Sehingga bila terjadi penumpukan kendaraan bermotor maka petugas langsung mengatur arus lalu lintas.


Sumber: Solopos.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.