Disparbudpora Gelar Festival Seni Karawitan Pelajar

MAGETAN - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Magetan menggelar acara Festival Seni Karawitan bagi pelajar. Acara yang dilaksanakan di Pendopo Surya Graha diikuti 22 peserta dari SD, MI, SMP dan Mts.

Siran, Kepala Disparbudpora mengatakan, acara yang digelar kali ini selain rangkaian dari agenda Hari Jadi Kabupaen Magetan, juga melestarikan budaya jawa yang adiluhung. "Kegiatan festival karawitan ini untuk menanamkan sejak dini nilai seni budaya kepada para siswa," kata Siran kepada beritamagetan.com, Rabu (16/10).

Meski belum semua jenjang yang diikutsertakan dalam festival ini, tapi pihaknya akan terus berusaha mengembangkan ke semua jenjang sekolah. "Kedepannya akan melliputi semua jenjang sekolah, dan tidak menutup kemungkinan untuk umum," ujarnya disela-sela acara.

Selain diambil lima besar dalam acara karawitan ini, tiga sinden terbaik dan tiga pengendang terbaik akan dikirim untuk mengikuti Festival karawitan tingkat provinsi di Jawa Timur. "Untuk juara nanti akan kami kirim ke provinsi untuk mewakili Kabupaten Magetan," tandasnya. (RUD)
Diberdayakan oleh Blogger.