Menteri BUMN Main Ketoprak-ketoprakan

MAGETAN - Lapangan Kelurahan/Kecamatan Takeran, Minggu malam (3/11) dipenuhi ribuan masyarakat. Tak seperti biasa, ribuan masyarakat itu, dibuat penasaran, ingin melihat, sesuatu yang tak biasa: pejabat negara main ketoprak. Adalah Menteri BUMN Dahlan Iskan, yang menyuguhkan hiburan masyarakat itu, dengan aktingnya sebagai Joko Tingkir.

Rupanya, Dahlan juga tidak sendirian. Ada pula para penggede lainnya yang ikut ‘bersandiwara’ menjadi penghibur masyarakat Magetan. Seperti Dirut PTPN XII Singgih Irwan Basri dan Dirut PT INKA Agus Purnomo. Termasuk, sejumlah pejabat di Pemkab Magetan. Seperti Kepala Dinas Parbudpora Siran, Kepala Dinas Pendidikan Bambang Trianto, Komandan Kodim 0804 Magetan Letkol Inf Soelistyo Bawono, hingga Wakil Bupati Magetan Samsi.

Dalam lakon ‘Joko Tingkir Jumeneng Ratu’ itu, Dahlan berakting sebagai Mas Karebet, alias Jaka Tingkir. Dia seolah-olah harus berjuang keras mengalahkan lawannya dalam menyelamatkan Kerajaan Demak. ‘’Sore saya baru datang, langsung disodori naskahnya. Sekitar dua jam, saya bisa memahami isi naskah itu. Jadi saya tinggal nambah improvisasinya saja,’’ ujar Dahlan kepada beritamagetan.com, saat di-make up sebelum mentas.

Ketoprak-ketoprakan itu, lebih hidup setelah dibumbui humor dari Kirun, komedian Jawa Timur asal Madiun, dan Marwoto, pelawak tanah air asal Jogjakarta. Mereka pula yang menulis skenario. (sum)

Diberdayakan oleh Blogger.