Wisata Magetan, Kini di Tanganmu, Bagus dan Dyah

MAGETAN - Bersaing dengan puluhan peserta, wakil SMAN 1 Magetan dan SMAN 3 Magetan, berhasil menempatkan diri sebagai duta wisata bumi Mageti. Itu setelah, kedua wakil tersebut, lolos dalam ajang grand final Pemilihan Bagus Dyah 2013, Sabtu (16/11) malam. Keduanya adalah sang bagus Chrisna Nugraha Utama (SMAN 1) dan sang dyah Yuke Dwi Puspita (SMAN 3).

Dalam partai puncak tersebut, ada dua wakil dari SMAN 1. Sisanya, berasal dari SMAN 1 Maospati, SMAN Sukomoro, dan SMAN 2 Magetan. Seluruhnya berhasil lolos ke final, setelah menumbangkan sejumlah peserta, yang totalnya mencapai 79 orang. ‘’Untuk tahun ini, pesertanya memang cenderung menurun,’’ ujar Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Magetan Siran, ditemui beritamagetan.com, di sela-sela malam final, Sabtu akhir pekan lalu.

Memang, imbuh Siran, tahun-tahun sebelumnya, pemilihan Bagus Dyah Magetan, diikuti ratusan peserta, dari sejumlah instansi, sekolah dan perwakilan kecamatan-kecamatan di Magetan. Namun, mulai tahun ini, dia membuat aturan baru, yang mengkhususkan peserta harus berasal dari sekolah dan jalur umum. ‘’Kami berikan kesempatan lebar bagi adik-adik pelajar Magetan untuk berpartisipasi. Khususnya putra-putri daerah yang ingin berpartisipasi. Jadi tidak hanya dari perwakilan dinas saja,’’ tegas Siran.

Rencananya, lanjut dia, usai penganugerahan gelar duta wisata ini, para Bagus Dyah tersebut bakal dibekali sejumlah skill khusus. Utamanya sistem promosi pariwisata, hingga pengetahuan mengenai daya tawar wisata lokal untuk dikenalkan kepada khalayak di nusantara maupun mancanegara. ‘’Jadi, pengetahuan pada Bagus Dyah ini, akan tertanam hingga ke depan. Ketika kuliah atau sudah bekerja pun, mereka bisa menjadi agen pariwisata kota ini. Apalagi, ketika tugas sebagai Bagus dan Dyah berakhir, mereka tetap menjadi kader wisata Magetan,’’ tandasnya.

Tak berhenti sebagai duta wisata lokal, Siran berencana bakal mengikutsertakan Bagus Dyah tersebut, untuk mengikuti kompetisi duta wisata Provinsi Jawa Timur, yakni Raka dan Raki. ‘’Dengan bekal yang kami berikan, kami berharap, seluruhnya bisa menjadi aset dan kebanggaan bagi Magetan. Apalagi jika terpilih sebagai Raka Raki Jatim, tentu akan menjadi duta wisata provinsi. Dan tentunya, nama Magetan bisa dibawa untuk ditempatkan sebagai kota wisata yang berdaya saing,’’ harapnya.

Di sisi lain, dalam ajang grand final Bagus Dyah Magetan 2013 ini, dipusatkan di GOR Ki Mageti, pada Sabtu (16/11) malam, mulai pukul 19.00 WIB. Tiga dewan juri, cukup dibuat serius menentukan pemenang, lantaran seluruh finalis memiliki kemampuan yang luar biasa. ‘’Kami nilai secara objektif, dari sejumlah indikator yang sudah kami tentukan. Seluruhnya memiliki bakat sebagai duta wisata yang mumpuni,’’ terang Arief Rahman, ketua dewan juri yang juga Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur. Dalam penilaian, Arief Rahman dibantu Tituk P Tyas dari Ngawi dan akademisi bernama Agita Risma Nurhikmawati.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Hj Nanik Sumantri, istri bupati Sumantri, yang didampingi Plt Sekda Magetan Mei Sugihartini dan Siran. Penghargaan tersebut, diserahkan langsung Hj Nanik Sumantri, sembari berpesan, supaya pemegang amanah sebagai Bagus dan Dyah, bisa berbuat yang terbaik bagi Magetan ke depan. ‘’Saya berharap, wisata di Magetan, bisa terus dikelola dan dipromosikan. Baik di dalam maupun luar negeri. Dari momen inilah, kami berharpa, anak-anak muda Magetan, bisa menjadi bagian dari kemajuan wisata di kota ini,’’ pungkasnya. (RUD/ADV)


Berikut Hasil Penilaian Bagus Dyah Magetan 2013:


Bagus 2013                       
Chrisna Nugraha Utama (SMAN 1 Magetan)
Dyah 2013
Yuke Dwi Puspita S (SMAN 3 Magetan)
Wakil I Bagus 2013
Nugroho Bimo Triprasetyo (SMAN Sukomoro)
Wakil I Dyah 2013
Intania Rahma Dewanti (SMAN 1 Maospati)
Wakil II Bagus 2013
Parulian Simanjuntak (SMAN 1 Magetan)
Wakil II Dyah 2013
Sarah Nila Safitri (SMAN 2 Magetan)
Juara Favorit Bagus
Septiva Alvianudin (SMAN Sukomoro)
Juara Favorit Dyah
Resti Nurmalasari (SMKN 2 Magetan)
Juara Persahabatan Bagus
Hafiz Kendratama (SMAN 2 Magetan)
Juara Persahabatan Dyah
Lia Septriana (SMAN 3 Magetan)















Diberdayakan oleh Blogger.