BPPTKG : Gunung Lawu Bisa Aktif Lagi

Magetan – Terkait Erupsi Gunung Kelud yang berada di Kabupaten Kediri, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja memperingatkan penduduk yang tinggal di sekitar gunung yang telah lama dinyatakan tidak aktif agar waspada. Seperti halnya Gunung Lawu yang berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Menurut Kepala BPPTKG Subandriyo, gunung berapi yang sudah lama tidak aktif bisa sewaktu-waktu aktif kembali. Seperti halnya Gunung Lawu. “Dalam ilmu kegunungapian, tak ada jaminan gunung berapi mati. Suatu saat, tidak tahu kapan, bisa aktif kembali,” ujarnya seperti dilansir Harian Jogja, Kamis (13/2).

Di Gunung Lawu, menurut Subandriyo, aktivitas yang masih bisa dirasakan adalah terdapatnya bau belerang. Ketika berada di atas gunung di puncak Argodumilah, di bawah puncak itu terdapat tanah lapang atau padang safana. “Tanah lapang itu dulu adalah kawah Gunung Lawu.” Tambahnya.

Meski begitu, sampai saat ini pihaknya belum memantau atas gunung lawu tersebut. Menurut dia, perlu sosialisasi ancaman bencana bagi penduduk di dua gunung itu yang diberikan oleh pemerintah daerah setempat. (RUD)
Diberdayakan oleh Blogger.