Ibas Borong Satu Set Gamelan Produk Magetan

Karangrejo – Setelah menemui para petani di Desa Klurahan, Kecamatan Karangrejo, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono mengunjungi sentra produksi gamelan di Desa Kauman, Magetan, Kamis (13/2). Pada kunjungan ini, Ibas sapaan akrab Edhie Baskoro meninjau langsung proses pembuatan gamelan oleh para perajin. Di Desa Kauman tersebut, Ibas disambut oleh seni Reog yang dibawakan oleh warga setempat.

Dalam kunjungan di sentra gamelan unggulan milik Kabupaten Magetan tersebut, Ibas sangat kagum dan memberikan apresiasi. "Saya datang untuk mendukung aktivitas warga untuk semakin produktif dan kreatif sekaligus mendorong agar seni budaya lokal di tempat ini terus dijaga," ujar Ibas dalam memberikan sambutan.

Selain itu, politisi Partai Demokrat tersebut juga meninjau langsung pembuatan gamelan. Tak hanya meninjau, Ibas juga mengaku kagum dengan kreatifitas warga Desa Kauman. Meskipun dibuat dengan tenaga manual, namun produk unggulan tersebut bisa sangat bagus kualitsnya. ‘’Saya sudah mendengar keunggulan hasil gamelan dari Desa Kauman ini. Semuanya dibuat dengan gotong royong dan guyup rukun oleh warga,’’ tambahnya.

Ibas juga bertatap langsung dengan para pengrajin gamelan. Dirinya menyakan langsung apa yang dibutuhkan dan apa yang menjadi kendala dalam menjalani usaha alat kesenian tersebut. Putra Presiden SBY tersebut juga membeli satu set peralatan gamelan tersebut. ‘’Saya akan beli satu set peralatan gamelan dari sini. Akan saya bawa ke Jakarta untuk saya perkenalakan lebih luas lagi,’’ ucapnya usai memainkan salah satu gamelan.

Dari masyarakat Desa kauman, Ibas menerima kenang-kenangan berupa cindramata berupa miniature gamelan yang diserahkan oleh Kepala Desa Kauman, Sri Mulyani. Dengan kedatangan Ibas ke sentra industri gamelan tersebut, Sri Mulyani berharap usaha di desanya bisa lebih berkembang dan lebih maju. ‘’Kami berharap, kedatangan mas Ibas dapat mendatangkan manfaat bagi warga kami, khususnya industri rumahan kami dapat terpromosikan sampai ke pusat. Kalau bisa sampai ke ranah Internasional," harapnya. (RUD)






Diberdayakan oleh Blogger.