Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanami Jalan Dengan Pohon Pisang

Magetan - Kondisi jalan yang kian rusak parah dan tak kunjung diperbaiki membuat warga Desa Jokerto, Kecamatan Parang Geram. Pasalnya lebih dari 100 meter jalan di desa setempat rusak, bahkan kerusakan mencapai separuh badan jalan. Hal itu memicu warga untuk menanam pohon pisang di tengah jalan penghubung antar Kecamatan Ngariboyo dan Kecamatan Parang tersebut, Minggu (9/2).

Aksi tersebut tak hanya bukti protes kepada dinas terkait yang tak kunjung memperbaiki akses jalan yang rusak. Namun hal itu juga untuk memberi tanda bagi pengguna motor yang melintas. Pasalnya, banyak pengguna motor terjatuh akibat kondisi jalan yang bergelombang dan hancur. ‘’Hampir setiap hari ada aja pengendara yang jatuh. Maka  dari itu, warga tanam pohon pisang untuk tanda bagi pengendara motor. Selain itu, biar Dinas terkait tau, dan segera cepat diperbaiki,’’ ujar Supri, warga Desa Jokerto.

Supri menambahkan, kondisi jalan yang rusak parah tersebut sudah berlangsung lama. Namun, dirinya heran, pemerintah tak kunjung nenperbaiki salah satu jalur penting di Kabupaen Magetan ini. ‘’Padahal Sudah 4 bulan lebih kondisinya rusak kayak gitu. Namun juga gak ada tanda perbaikan,’’ tambahnya Minggu (9/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Magetan Hergunadi mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana untuk perbaikan jalan penghubung antar kecamatan tersebut. Namun karena faktor cuaca pihaknya belum bisa memperbaiki jalan tersebut. ‘’Sudah kami anggarkan. Sekarang kondisi cuaca tidak memugkinkan. Kami masih menunggu biar cuaca bagus dulu. Jadi nanti hasilnya bisa bagus,’’ ujar Hergunadi, Senin (10/2).

Hergunadi menambahkan, untuk tahun 2014 ini pihaknya sudah menganggarkan biaya lebih untuk perbaikan jalan. Hal itu lantaran banyaknya jalan rusak di wilayah Kabupaten Magetan. ‘’Anggaran perbaikan jalan tahun 2014 naik 35 persen dibandingkan tahun 2013 lalu,’’ tambahnya. (RUD)
 
Diberdayakan oleh Blogger.