Asap di Magetan Bukan dari Kebakaran Gunung Lawu

Magetan - Kejadian kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Magetan dan sekitarnya kemarin bukan dari kebakaran hutan Gunung Lawu. 

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan penggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Agung Lewis saat dikonfirmasi terkait peristiwa yang terjadi kemarin. 

Agung menjelaskan, kejadian kabut asap kemarin bukan disebabkan oleh kebakaran Gunung Lawu. Menurutnya, kabakaran di gunung lawu yang terjadi pada hari Kamis lalu, sudah berhasil di padamkan oleh seluruh petugas dibantu para relawan dan warga sekitar lokasi. ''Kebetulan jarak kebakaran dekat dengan pintu masuk pendakian, yaitu sekitar 500 meter. Hal itu membuat kami ekstra keras bersama seluruh petugas dan jajaran dibantu warga di dekat lokasi untuk memadamkannya, dan Alhamdulillah berhasil dipadamkan,” terangnya, Sabtu, (24/10/2015).

Agung menambahkan, dirinya belum berani menyimpulkan terkait kabut asap yang terjadi beberapa hari ini di Magetan. “Untuk kabut asap di wilayah Magetan, saya belum berani menyimpulkan itu berasal dari kebakaran hutan Gunung Lawu. Karena wilayah lain juga mengalaminya, bahkan di wilayah timur agak tebal,” lanjutnya.

Untuk memastikannya, dirinya masih menunggu realese dari badan BMKG untuk kepastian darimana kabut asap itu terjadi. ”Banyak masyarakat yang buru- buru menyimpulkan berasal dari kebakaran Gunung Lawu. Hal itu belum sepenuhnya benar,'' imbuhnya.

Menurut Agung, kabut asap yang terjadi di Magetan bisa juga berasal dari wilayah lain. Pasalnya, Gunung Semeru saat ini juga mengalami kebakaran mencapai 50 hektar. ''Selain Gunung Lawu, Gunung Semeru dan beberapa wilayah di Pacitan juga terbakar,'' pungkasnya. (mk/rud)
                                                                                               
Diberdayakan oleh Blogger.