Polres Magetan Siap Amankan Kegiatan Suroan Perguruan Silat

Magetan-Memasuki bulan Muharram 1437 H, Polres Magetan terus meningkatkan kesiap siagaannya, Khususnya memasuki Tanggal 1 Muharram 1437 H, atau dalam tradisi jawa dikenal dengan istilah “1 Suro“ yang  jatuh pada tanggal 14 Oktober 2015.


Mulai tadi malam seluruh personil Polres Magetan bersama-sama dengan anggota TNI disiagakan di perbatasan wilayah dan di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan dengan melakukan razia guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman di wilayah kabupaten Magetan.


Malam 1 Suro kerap dijadikan sebagai malam tirakatan atau melekan (tidak tidur semalam suntuk, red), sebagai ritual khusus untuk meningkatkan ilmu kebatinan termasuk ujian tingkat maupun ujian kelulusan bagi beberapa aliran pencak silat yang ada di Magetan.


Seperti diketahui, Personil polres Magetan melaksanakan kegiatan pengamanan di Padepokan PSHT Magetan di Desa Bibis kecamatan Sukomoro, Magetan. sebanyak 1560 calon pendekar yang akan disyahkan mengikuti kegiatan di padepokan tersebut.


Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Magetan, Ketua DPRD Magetan, Kapolres Magetandan Komandan Kodim 0804 Magetan dan tamu undangan lainnya.


Kapolres Magetan, AKBP Johanson Ronald Simamora, S.I.K., S.H., M.H., mengatakan dengan  adanya kegiatan dari perguruan pencak silat di bulan Muharam ini , diperlukan adanya kegiatan pengamanan guna mencegah timbulnya kerawanan maupun bentrok dengan perguruan silat lainnya.

”Segala bentuk ataupun kegiatan pencak silat yang ada di Magetan ini akan kita amankan secara maksimal, supaya tidak mengganggu ketertiban umum,” ujar Kapolres.(14/10)


Sistem pengamanan yang akan diterapkan dimulai dari pengawalan yang dilakukan masing-masing Polsek hingga pengamanan di lokasi kegiatan yang melibatkan unsur TNI dan Polri.  Ia juga menambahkan akan menindak tegas oknum yang memancing kerusuhan maupun yang tidak tertib di jalan, tegasnya.


Pada kesempatan yang sama, Dandim 0804 Magetan yang ikut hadir pada acara tersebut menambahkan bahwa pihak TNI akan mem-backup penuh Polres Magetan dalam pengamanan kegiatan tahunan perguruan silat tersebut. Hal ini sebagai wujud sinergitas TNI – Polri dalam ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Magetan, ucapnya.(pol)


sumber: humas polres 










Diberdayakan oleh Blogger.