Pengurus KOMPAG Seruling Etan Wilayah Magetan Resmi Dilantik

Magetan – Komunitas Perantau Magetan atau yang disebut KOMPAG Seruling Etan tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarkat Magetan. Komunitas yang mempunyai motto ‘’Seruling Etan’’ yang artinya Seruan Eling Magetan tersebut, kini resmi melantik pengurus wilayah Magetan, Sabtu, (28/11/2015). 

Acara yang dilakukan di Jalan Patimura Magetan siang tadi berlangsung meriah. Terlihat puluhan anggota KOMPAG Seruling Etan sangat kompak dengan berseragam merah. Hadir juga dalam acara tersebut komunitas Magetan Penuh Kenangan atau MPK dan Magetan Scooter Club yang turut memeriahkan acara pelantikan itu.

Acara yang dimulai pukul 13.00 WIB tersebut, dihadiri langsung oleh Agus Happy, Ketua Umum KOMPAG Seruling Etan. Setelah membuka acara, Agus mengajak para anggota untuk bernyanyi bersama dengan lagu Magetan Kumandang. Hal itu sudah menjadi hal wajib dalam setiap acara yang diselenggarakan KOMPAG Seruling Etan. ‘’Lagu Magetan Kumandang adalah lagu wajib disetiap acara kami. Karena kami orang Magetan dan cinta dengan Magetan,’’ tegasnya.

Dalam sambutannya, Agus menghimbau kepada anggotanya, agar tetap menjaga rasa persaudaraan antar komunitas yang ada di Magetan. Pasalnya, kota di ujung Barat Jawa Timur ini terdapat puluhan komunitas. ‘’Mari kita utamakan persatuan dan kesatuan antar komunitas. Meski di Magetan banyak komunitas, kita jangan saling bersaing. Selain itu, kita harus tetap semangat untuk saling membantu baik anggota atau warga Magetan yang membutuhkan,’’ tuturnya.

Sementara itu, dengan dilantiknya pengurus Kompag Wilayah Magetan yang baru, Agus mengharapkan, para pengurus dapat menjadi ujung tombak serta mengawal kegiatan yang diadakan KOMPAG Seruling Etan. Hal itu lantaran, belum ada pengurus KOMPAG Seruling Etan di Magetan. Justruh di perantauan sudah banyak dan hampir ada disetiap kota di Indonesia. ‘’Dengan dilantiknya pengurus wilayah Magetan ini, semoga bisa menjadi ujung tombak serta monitoring untuk beberapa kegiatan sosial yang diadakan KOMPAG Seruling Etan. Karena kebanyakan pengurus KOMPAG Seruling Etan berada di perantauan, tidak di Magetan,’’harapnya.

Komunitas KOMPAG Seruling Etan yang saat ini beranggotakan 1.610 orang tersebut kian mengumandang. Hal itu terbukti dengan banyaknya beberapa program dan kegiatan yang sangat menguntungkan para anggotanya yang tentunya warga Kabupaten Magetan. Salah satu contoh adalah Mudik murah. Kegiatan pulang kampung yang biasa diselenggarakan oleh komunitas ini sangat meringankan anggotanya. Karena harga tiket mudik bisa selisih 50 persen dari harga normal saat mudik lebaran.

Selain mudik murah yang merupakan program jangka panjang KOMPAG Seruling Etan, komunitas ini juga memiliki program jangka pendek. Hal itu seperti sunatan masal, penghijauan hutan dan kegiatan sosial. Dalam KOMPAG Seruling Etan sendiri, ada program UMKM bagi para anggotanya. ‘’Untuk program UMKM, kami tidak memberikan bantuan uang, tapi barang. Seperti kemarin, anggota kami ada yang ingin buka usaha bakso, kami sumbang gerobak,’’jelas Agus.

Agus menjelaskan, cukup mudah untuk menjadi anggota KOMPAG Seruling Etan. Hanya fotocopy Kartu Tanda Penduduk, serta niat saja. ‘’Untuk menjadi anggota hanya fotocpy KTP, dan niat. Jadi tidak ada paksaan dalam bergabung di Komunitas kami ini,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Indah Trisnawati, Ketua Pengurus Kompag Seruling Etan Wilayah Magetan yang baru dilantik sangat berterima kasih kepada seluruh anggota KOMPAG Seruling Etan. Indah mengatakan, dirinya akan siap mengawal kegiatan yang di adakan KOMPAG Serulig Etan di Kabupaten Magetan. ‘’Terima kasih untuk semua, karena saya sudah dipercaya menjadi ketua pengurus Kompag wilayah Magetan. Semoga kita bisa selalu bersinergi untuk kemajuan Kabupaten Magetan,’’ katanya. (adv/rud)


Foto-foto : Acara Kegiatan Pelantikan Pengurus KOMPAG Seruling Wetan Wilayah Magetan. 






Diberdayakan oleh Blogger.