Soal Galian C, LSM Magetan Center Siap Melawan

Magetan - Berhembusnya kabar akan beroperasinya lagi aktifitas galian C di Magetan langsung mendapatkan respon dari masyarakat anti galian C Magetan. Rencananya  mereka akan menemui Bupati Magetan untuk meminta klarifikasi terkait masalah tersebut.

Direktur lembaga swadaya Masyarakat (LSM) Magetan Center, Beni Ardi mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan gabungan masyarakat anti galian C untuk melakukan aksi. ”Kami ingin bertemu bupati dulu. Minta klarifikasi terkait hal tersebut. Karena kami ingin melewati prosedur, jika nanti benar galian C akan dibuka lagi, kami akan meneruskannya ke Gubernur,” jelasnya.


Seharusnya, lanjut Beni, Pemerintah Magetan melakukan pemetaan daerah mana yang bisa di buka untuk galian C, hal tersebut berhubungan dengan Amdal (Analisis mengenai dampak lingkungan). Tidak hanya serta merta semua wilayah bisa dikeruk. ''Pemkab harus mengkaji ulang wilayah yang bisa di buka. Karena menyangkut orang banyak. Karena galian C tersebut hanya segelintir orang yang diuntungkan, tapi banyak orang yang dirugikan,” Imbuhnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa hari lalu para pengusaha Galian C di Magetan mengadakan pertemuan yang intinya mendesak Bupati Magetan untuk membantu agar kegiatan galian C di Magetan segera beroperasi kembali. Hal itu dikarenakan proyek Pemkab yang tengah berjalan saat ini sangat membutuhkannya. Jika hal tersebut tidak segera di lakukan, akan berimbas pada molornya pekerjaan. Apalagi mengingat saat ini sudah di akhir tahun. (mk/rud)                                                    

 
Diberdayakan oleh Blogger.