Dua PNS dan TNI Positif HIV

Ilustrasi
Magetan - Temuan mencengangkan dirilis oleh Bidang  Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan  (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. Pasalnya, P2PL merilis ada dua anggota PNS Pemkab Magetan dan dua anggota TNI yang bertugas di Magetan, positif terjangkit virus HIV.

Paparan dari Dinkes Magetan, virus yang menjangkit 4 abdi Negara tersebut terdiri dari 3 orang pria dan 1 wanita. Hal itu akibat sex bebas dan pola hidup yang tidak sehat.

Sementara itu, selain 4 abdi negara yang terjangkit HIV, data dari P2PL, hingga Desember 2015 ini tercatat ada 394 kasus HIV/AIDS. Hal itu naik 64 kasus dari temuan di tahun 2014, dan 5 diantaranya telah meninggal. Tahun lalu, P2PL menemukan 330 kasus, dengan rincian 176 pria,154 wanita dan 8 anak anak. Sedangkan 173 diantaranya telah meninggal dunia.

Kabid P2PL Didik Setyo Margono mengatakan, dua TNI itu kasusnya ditemukan pada 2015, sedangkan dua PNS ditemukan kasusnya pada 2014. Didik menjelaskan, meningkatnya angka ODHA (Orang Dengan Hiv/Aids) ialah akibat prilaku sex bebas dan pola hidup tidak sehat. ‘’Dua PNS itu data kami di tahun 2014, sedangkan dua TNI itu temuan baru. Untuk pekerjaan yang paling banyak terjangkit virus ini yakni para wiraswasta, ibu rumah tangga, PSK, PNS dan TNI. Penyebabnya adalah sex bebas dan pola hidup tidak sehat,” ujarnya.

Didik menambahkan, hingga kini pihaknya tengah memantau penuh ratusan ODHA di Kabupaten Magetan termasuk 4 Abdi Negara itu. Hal itu guna menekan meluasnya ODHA di Magetan. ‘’Kami pantau terus, kita berdoa saja 2016 tidak bertambah lagi,” pungkasnya. (roh/rud)
Diberdayakan oleh Blogger.