Ngeri…!!!,Banyak Sekolah Tanpa Kepala

foto: SMP 1 Magetan





Magetan – Memprihatinkan, hanya untuk mengisi pejabat kepala sekolah saja Pemkab Magetan tak kunjung bertindak. Padahal banyak guru guru yang telah memenuhi persyaratan untuk menduduki jabatan kepala sekolah. Seperti halnya pejabat Kepala Sekolah SMP 1 Magetan.

SMP favorit ini sudah 2 tahun “hidup tanpa kepala sekolah” definitive. Saat ini jabatan kepala sekolah dirangkap oleh kepala sekolah SMP 4 Magetan  Drs. Setyo Budi, M.MPd  . Sebelumnya Kepala Sekolah SMP 1 Magetan dijabat oleh Drs. Joko Santosa. Sejak Desember tahun 2013 lalu, jabatan ini ditinggalkan Joko Santosa karena dimutasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan sebagai Sekretaris Dinas. Sejak saat itu posisi kepala sekolah dijabat oleh Drs. Setyo Budi  dengan status “Plt”. Terhitung bulan Desember ini kekosongan pejabat tetap kepala sekolah sudah 2 tahun.

“ Iya mas benar. Bulan Desember ini sudah dua  tahun saya geser dari jabatan kepala SMP 1 Magetan,” ungkap Joko Santosa. Soal lambannya pengantian dirinya, Joko mengaku tidak tahu menahu. Karena hal itu merupakan kewenangan kepala dinas. Meski ia menjabat sekretaris dinas, namun untuk soal itu ia tidak punya kewenangan sama sekali.

 “ Sejak saya disini, saya tidak tahu untuk pengantiannya.Kapan dan siapanya. Karena memang itu kewenangan bapak kepala dinas,” tambah Joko.
Dibiarkannya kekosongan kepala sekolah yang berlarut larut ini tidak hanya di SMP 1 Magetan saja. Juga terjadi di SMP 1 Parang, yang dirangkap jabatan oleh Kepala SMP 2 Parang. Rumor yang berkembang, belum juga terisinya jabatan strategis ini karena “maharnya” yang terlalu mahal. Banyak guru guru senior yang males jadi kepala sekolah. Karena kalau jadi kepala sekolah, diminta bayar hingga ratusan juta rupiah. Harga untuk kepala sekolah di tingkat SMP kisaran 200 juta. Tak ayal, karena terlalu mahal dan merupakan tindak pidana korupsi gratifikasi, hingga kini sejumlah sekolah SMP maupun SMA Negeri di Magetan dibiarkan kosong.Entah sampai kapan.(AK/MK)