Seleksi Calon Carik Widorokandang Memanas

Sidorejo- Seleksi Pendaftaran Calon Sekretaris Desa(Carik) Di Desa Wirodokandang, Kecamatan Sidorejo, Magetan memanas. Makruf Afandi, Salah satu calon Carik yang telah dinyatakan lolos dalam tes Komputer pada tanggal 26 November 2015, minggu lalu tiba – tiba dibatalkan begitu saja oleh panitia.

Pembatalan tersebut dibenarkan oleh Makruf.menurutnya persyaratannya memang masih belum lengkap.” saya kurang surat Keterangan Sehat dan legalisir Ijazah,” jelas Makruf kepada Lintasmagetan.

 Namun dirinya menyayangkan sikap  panitia yang langsung menggugurkannya hanya  dikarenakan masalah administrasi  yang belum lengkap itu. karena menurutnya, sesuai aturan masih ada waktu untuk melakukan perbaikan.” Padahal ada jeda waktu antara setelah penutupan itu untuk melengkapi persyaratan yang kurang, ada sekitar dua hari setelah penutupan untuk melengkapinya, ada Perbupnya tentang masalah itu,” imbuhnya.

Ditambahkan Makruf, Disaat dirinya dinyatakan tidak lolos, panitia saat itu juga menerima calon lain, Edi Udayana,warga Rt 01/Rw 02.dia  mendaftar pada detik akhir pendaftaran. Dan dinyatakan lolos. Padahal dari seleksi administrasi dirinya masih belum lengkap, yakni belum memiliki SKCK dan Surat kesehatan pula.

” Seperti sudah di skenario oleh panitia, kenapa saya yang sudah lolos tes Komputer, tiba tiba dibatalkan karena kurang lengkap,di waktu yang sama mereka menerima calon lain persyaratannya juga kurang tapi dinyatakan lolos,” Imbuhnya

Diketahui,Edi Udayana adalah adik dari Slamet Widodo, salah satu calon carik di Desa Widoro Kandang. dalam pendaftaran Carik Desa Widorokandang semula hanya diikuti oleh dua orang, yakni Slamet Widodo(36) warga Rt 01/Rw 02 dan Makruf Afandi(31), warga Rt 02/Rw 03. Dalam tes Komputer yang dilaksanakan tanggal 26 November seminggu yang lalu, mereka berdua dinyatakan losos oleh panitia. Namun setelah diketahui Persyaratan milik Makruf ada yang kurang lengkap, panitia langsung menggugurkannya, dan melakukan perekrutan lagi dengan menerima Edi Udayana, adik kandung Slamet Widodo.

Melihat dirinya diberlakukan tidak adil oleh panitia, Rencananya, besok,tanggal 3 Desember 2015, Makruf didampingi LSM Magetan Center akan melaporkan kecurangan yang dialaminya ke Kabag Pemdes Pemkab Magetan. Beni Ardi, Direktur LSM Magetan Center menyayangkan sikap dari panitia Seleksi carik Di Desa Widorokandang tersebut, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada makruf untuk membantu memperjuangkan nasibnya. ” Kami melihat ada skenario antara Panitia dengan calon, sangat jelas mudah dibaca trik yang dilakukan oleh panitia, itu preseden buruk untuk pembelajaran politik pemerintahan di tingkat Desa, kasihan yang jadi Korban. kami bersama Makruf akan melaporkannya ke yang berwenang menangani masalah ini, yakni Bagian pemerintahan Desa Pemkab Magetan, dilihat saja besok bagaimana hasilnya, akan terus kami kawal masalah ini,” Ujar Beni Ardi,Direktur LSM Magetan Center,saat menerima Aduan Makruf siang tadi. Sementara itu ketua Panitia Seleksi, Parno, dikonfirmasi terkait masalah ini melalui telepon selularnya tidak menjawab. (mk)
Diberdayakan oleh Blogger.