Air Bengawan Solo Meluap, Beberapa Sawah Desa Jajar Dan Klegen Terendam Air

foto: warga desa jajar amankan Dieselnya

Magetan- Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di kabupaten Magetan semalaman membuat debet air di sungai bengawan solo yang melewati kecamatan kartoharjo Magetan ikut meluap.

Air yang di duga berasal dari dari luapan sungai bengawan solo ini merendam jalan di Desa Jajar, kecamatan Kartoharjo dan Desa Klegen, kecamatan barat.


Menurut  Palih, anggota Tagana Magetan yang ikut siaga di lokasi semalam, hujan yang terjadi sejak sore hingga dini hari tadi mengakibatkan beberapa hektar sawah di Desa Jajar dan Klegen terendam,” ketinggian air di jalan sekitar 10 hingga 13 Centimeter, tanaman padi warga di Desa jajar dan Klegen saat ini ada yang terendam.” Jelasnya.


Hingga pagi tadi, tim tagana masih siaga di lokasi. beberapa warga juga Nampak mulai mengamankan Diesel mereka yang berada di persawahan, karena takut terjadi kerusakan jika terendam.


Toha salah satu warga Desa Jajar mengatakan, Hujan deras semalam membuat dirinya was- was akan terjadi banjir besar seperti beberapa tahun yang lalu, yang mengakibatkan tananam padi yang sudah mulai menguning gagal panen,” khawatir aja kalau genangan air di sawah tidak segera surut akan merusak tanaman padi kami lagi, semoga saja segera surut ,” ungkapnya.


Seperti diketahui, kecamatan kartoharjo merupakan wilayah rawan banjir di Magetan, kecamatan ini selalu jadi tumbal saat air sungai bengawan solo yang melintas di Kecamatan tersebut meluap, bahkan luapan airnya sampai meluas hingga di beberapa tempat di kecamatan barat.


Pihak BPBD saat di konfirmasi terkait  jumlah persawahan warga yang tergenang belum bisa memastikan dikarenakan masih dalam pendataan.(MK)







Diberdayakan oleh Blogger.