Liburan Tahun Baru , Pengunjung Sarangan Relatif Sepi

foto: Jalur Sarangan Dr Tikungan Kebun Stroberry


Magetan – Perayaan tahun baru 2016 hari ini di Magetan terasa sepi. Tidak nampak seperti perayaan tahun lalu. Pantauan Lintas Magetan.com , arus lalulintas menuju kawasan Sarangan terlihat lancar. Peningkatan volume kendaraan yang didominasi roda dua mulai terlihat sekitar pukul 8 pagi. Namun tidak terjadi kemacetan parah. 

Relative sepinya perayaan tahun baru kali diprediksi karena banyak factor. Diantaranya, sudah  adanya libur panjang minggu lalu. Yakni libur Maulid Nabi dan Natal yang berdekatan dengan libur akhir pekan. Lalu factor cuaca yang kurang mendukung. Malam menjelang tahun baru hujan sempat turun. Bahkan hingga pagi ini, 1 Januari cuaca tetap mendung. Kemudian bertepatan dengan hari Jumat. Dimana hari Jumat biasa disebut “ hari pendek”. Karena umat Islam harus menunaikan sholat Jumat.  

Meski demikian, diseputaran Telaga Sarangan pengunjung tetap terlihat ramai. Diperkirakan wisatawan yang menikmati liburan awal tahun ini adalah mereka yang berasal dari luar Magetan.  Ini terlihat dari plat mobil yang dikendarai. Seperti bernopol L, W, AD, AB, AG, N dan W. 

Sementara bagi kalangan remaja , lebih memilih menikmati liburan diluar telaga.  Mereka rame rame asyik nongkrong di tepi jalan atau warung warung disepanjang jalur  menuju Sarangan.Menjelang pukul 12  mulai terlihat arus kendaraan yang kembali turun. Sejumlah petugas nampak mengatur arus lalulintas. Seperti di pertigaan Ngerong,  depan Polsek Plaosan, lalu depan Pasar Wisata dan Pasar Sayur Plaosan.  Lalulintas terlihat lancar. 

 Kanit Laka Lantas Polres Magetan,Iptu. Sungkono mengatakan, untuk mengurai kemacetan dan mengantisipasi terjadi kecelakaan di sepanjang jalur black spot, pihaknya telah menerjunkan 200 lebih anggota yang di tempatkan di beberapa titik  rawan. Guna mengurai kemacetan  petugas menerapkan formasi pengurai kemacetan. 

Formasi itu diantaranya, penempatan anggota di simpul simpul jalan sepanjang jalur Desa Pacalan hingga kawasan Telaga Sarangan. Penemptan separator, penempatan barbel patah di sepanjang tanjakan telaga  Wahyu, hingga kebun strobery. ”Kami akan menempatkan anggota di simpul simpul jalan, agar tidak terjadi kemacetan menumpuk di kawasan black spot,” ujarnya. (AK/ROH/MK)






   

Diberdayakan oleh Blogger.