Punokawan Terlibat Operasi Simpatik

Foto: Polisi pakai kostum Punokawan
Magetan–Perhatian para pengendara yang melintas didepan Pasar Baru Magetan beralih sejenak ke kerumunan sejumlah polisi di depan pasar. Ya, Senin 7/3 siang kemarin nampak  ramai puluhan petugas  gabungan. Yang menarik, diantara mereka  nampak  petugas Polres Magetan yang mengenakan kostum Punokawan Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. 

Kehadiran mereka dalam rangka  sosialisasi Operasi Simpatik Semeru 2016. Bersama petugas Satlantas mereka membawa poster yang berisi seruan untuk tertib berlalu lintas. Tak pelak aksi ini menjadi perhatian pengendara yang lewat maupun pengunjung Pasar Baru.

Diterangkan Kabag Ops Polres Magetan, Kompol Juwadi, terhitung mulai tanggal  1 hingga 21 Maret  2016, Polri menggelar operasi simpatik. Operasi  ini difokuskan di Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di masing masing daerah. Untuk wilayah Magetan mulai dari depan Secata  A hingga kawasan jalan Diponegoro. Yang merupakan kawasan tertib lalulintas di Magetan.

Dalam operasi ini selain memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, polisi juga akan memeriksa kelengkapan teknis kendaraan lainnya. Seperti ban, knalpot, spion serta memastikan pengendara menggunakan helm berstandar nasional Indonesia atau SNI.

“ Operasi ini bermaksud untuk menekan angka pelanggaran dan mengurangi angka kecelakaan lalulintas di wilayah Magetan.

Mengingatkan masyarakat agar selalu tertib lalulintas”, kata Juwadi. Selain tertib lalulintas sasaran lainnya adalah penertiban parker sembarangan dan penyalahgunaan trotoar untuk berdagang.
  
Gelaran operasi kali ini ditandai dengan pembagian helm gratis kepada pengendara yang helmnya terlihat tidak memenuhi standart. Puluhan helm dibagikan secara gratis. Perwakilan petugas mulai dari Dishub, Satpol PP dan Dinas PU Bina Marga bergantian memasangkan helm SNI kepada pengendara.
  
“ Setelah operasi ini kita berharap masyarakat semakin sadar dalam tertib berlalulintas. Dengan tujuan akhir Magetan bisa zero lakalantas”, pungkas Juwadi. Operasi yang dimulai pukul 14.00 WIB berakhir menjelang pukul 15.00 WIB. (AK/MK)





Diberdayakan oleh Blogger.