Harga Hasil Bumi di Magetan Tidak Stabil

Magetan – Menjelang Ramadhan tahun ini, harga sejumlah hasil bumi seperti bawang putih dan kentang di Kabupaten Magetan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal itu diikuti beberapa kebutuhan pokok seperti gula pasir yang mulai merangkak naik.

Berdasarkan pantauan  Lintasmagetan.com di Pasar Sayur Magetan, sejumlah pedagang yang menjajakan kebutuhan pokok  mengaku terpaksa menaikkan harga bawang putih dan kentang lantaran pasokan dari pusatnya terbatas.

Ginah, 63, salah satu pedagan sayuran di Pasar Sayur Magetan mengatakan, harga bawang putih sebelumnya Rp 24.000 per kilo, sekarang naik menjadi Rp. 28.000. Hal itu sudah terjadi dua hari lalu. ‘’Untuk saat ini bawang putih naik empat ribu rupiah. Harga kentang juga sama naik, kemarin lima ribu rupiah, sekarang sudah delapan ribu rupiah,’’ jelas Ginah saat ditemui Lintasmagetan.com, Selasa (17/5/2016).

Berbeda dengan harga bawang putih dan kentang, harga bawang merah di Pasar Sayur Magetan malah meringsek. Hal itu sangat berbeda dengan daerah lain yang kini harga bawang merah mulai meroket. ‘’Kalau bawang merah malah turun harganya. Kemarin mencapai Rp 35 ribu, sekarang malah menjadi Rp 25 ribu,’’ tambah Ginah.

Ditanya soal turunnya harga bawang merah, Ginah mengatakan dirinya hanya mengikuti dari pemasok langganannya. ‘’Dari pemasok harganya memang turun mas. Tapi gak tau kalau besok malah ikut naik. Soalnya beberapa hari ini harga gak stabil. Tapi mudah-mudahan jangan ikutan naik,’’ harapnya. (rud)
Diberdayakan oleh Blogger.