Warga Desa Bulugunung Waspada Longsor Susulan

Plaosan - Longsornya tebing setinggi 25 meter di Dukuh Babar, Desa Bulugunung, Kecamatan Plaosan pada Selasa, (3/5/2016) lalu, membuat 7 KK yang berada tepat diatas tebing yang longsor ketakutan. Pasalnya, bibir tebing dengan pemukiman warga kini hanya berjarak 1 meter saja.

Sarjan, 50, warga Desa setempat mengatakan, bila hujan datang dirinya terpaksa harus mengungsi ke rumah saudaranya. ‘’Sangat was was saat hujan turun. Terpaksa saya harus ngungsi ke rumah saudara di sebrang jalan. Takut longsor sewaktu-waktu.” ujarnya.

Sarjan mengungkapkan, longsornya tebing yang berada tepat dibelakang rumahnya itu, akibat hujan deras pada Senin, (2/5/2016) lalu. Hal itu karena sungai Babar Lor meluap, dan melongsorkan tebing tersebut. ‘’Longsornya itu akibat hujan hari Senin kemarin, hujan deras sekali hingga sungainya meluap. Terus sekitar pukul 07.30 Selasa (3/4/2016) tiba-tiba terdengar suara brukk keras sekali dari belakang rumah, saat saya lihat tebing dibelakang rumah ini sudah longsor,” paparnya kepada lintasmagetan.com.

Sementara itu, Kepala BPBD Magetan Agung Lewis mengatakan, lokasi longsoran tebing dukuh Babar Lor masih berpotensi longsoran susulan. Melihat geografis tanah yang labil, pihaknya meminta agar 7 KK yang berada di atas tebing untuk waspada dan sebaiknya meninggalkan rumah bila terjadi hujan lebih dari 3 jam.

”Untuk lokasi longsoran di Dukuh Babar Lor, Desa Bulugunung, Kecamatan Plaosan itu masih berpotensi longsor susulan, apalagi rumah 7 KK itu mepet dengan tebing yang labil, kami menghimbau agar warga waspada dan bila terjadi hujan lebih dari 3 jam sebaiknya meninggalkan rumah,” ujar Agung.

Diketahui sebelumnya, Rabu (4/5/2016) belasan anggota BPBD Magetan, anggota Koramil, Polsek dan masyarakat warga Dukuh Babar Lor Desa Bulugunung Kecamatan Plaosan, mengevakuasi matrial longsoran tebing setinggi 25 meter. Hal itu dilakukan pasca longsor pada Selasa (3/5/2016) lalu. Longsornya tebing ini juga mengancam rumah 7 KK yang berada diatas tebing. (roh/rud)
 
Diberdayakan oleh Blogger.