Penghuni Lapas Magetan Jalani Tes HIV/AIDS

Magetan – Seluruh warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Magetan, pagi tadi, Sabtu, (4/6/2016) menjalani tes HIV. Tes yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan tersebut bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) dan Lapas Magetan.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Magetan, Didik Setyo Margono, kegiatan rutin yang dilakukan dua kali dalam setahun ini untuk mendeteksi sejak dini penyebaran HIV/AIDS di lingkungan Lapas.

‘’Tes ini kita lakukan untuk mengetahu secara dini, jika ada penghuni lapas yang terjangkit HIV, maka bisa dengan cepat kita tangani,’’ ujarnya.

Didik menambahkan, untuk hasil tes tersebut bisa diketahui dua sampai tiga hari mendatang. ‘’Untuk hasilnya bisa ketahui dua atau tiga hari selanjutnya. Untuk tes tahun kemarin Alhamdulillah tidak ada yang terjangkit. Semoga tahun ini, juga nihil,’’ harapnya.

Selain dilakukan tes HIV, juga diadakan penyuluhan bagi warga lapas Magetan. Penyuluhan dari Dinas Kesehatan tersebut bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang bahaya dan gelaja HIV. (rud)
Diberdayakan oleh Blogger.