Haji Toyyib, Warga Balegondo Yang Bersedeqah Dengan Seikat Bambu Itu, Begini Beritanya

warga antri untuk emndapatkan pring apus
Magetan- Berbagai cara dilakukan umat muslim untuk mengumpulkan pahala di saat bulan ramadhan, mulai dari beribadah, berzakat dan bersedekah.salah satunya seperti yang dilakukan oleh dermawan asal Desa Balegondo, magetan ini.

Ia bukan bersedekah dengan uang, namun sedekahnya dengan memberikan seikat bambu apus kepada para pengrajin anyaman caping kepada masyarakat.

Warga Desa Balegondo tersebut adalah haji Toyyib. Ia berbagi rejeki bukan dengan memberikan sejumlah uang seperti layaknya orang bersedeqah,namun memberikan sedeqah dalam bentuk seikat bambu apus. Seikat berisi 3 potong bambu, diberikan kepada perajin anyaman bambu yang banyak di temui di wilayah magetan.

Bagi- bagi bambu apus ini mendapat antusias warga, mereka antri menunggu panggilan untuk mendapatkan bambu apus secara gratis tersebut. satu ikatnya bernilai Rp 20.000.

Salah satu warga, kartini mengaku senang dapat bambu gratis,karena dengan mendapat bambu seikat, nantinya bisa dibuat anyaman caping” dengan dapat seikat ini nanti bisa saya jual kembali mas, apalagi sekarang untuk mencari bambu apus sangat sulit.

Menurut Toyyib, ia sengaja memberikan sedekah berupa bambu apus, karena menurutnya bambu apus tersebut jika dibuat anyaman caping nilainya bisa berlipat.

“ apabila seikat bambu apus ini di buat anyaman caping, nilainya bisa 7 - 8 kali lipat,dan apabila diberikan dalam bentuk barang,bisa bermanfaat lebih lebih besar, daripada diberikan uang secara tunai, bisa langsung habis buat beli kebutuhan yang sifatnya instans”. Terang pensiunan kepala satpol PP Magetan ini.(1/6)

Diharapkan  toyyib, dengan pemberian bambu apus, masyarakat khususnya para perajin anyaman bambu bisa terus berkarya meski di bulan ramadhan, dan hasilnya dapat sedikit membantu saat idul Fitri nanti.(wan/Choi)






Diberdayakan oleh Blogger.