Dampak Nilai Tukar Dolar Menguat, Harga Pakan Ayam Naik


Magetan  - Menguatnya nilai tukar dolar amerika serikat terhadap nilai tukar rupiah, membuat  sejumlah harga pakan  ayam petelur  di Kabupaten Magetan mengalami kenaikan. Hal  ini seperti yang terjadi di toko penjual pakan  ayam, yang berada  di jalan Sukawati, Kabupaten Magetan.

Harga pakan  ayam petelur, atau konsentrat yang sebelumnya di kisaran harga 340.000 rupiah per sak, atau per 50 kilo gramnya, kini naik menjadi 362.500 rupiah per saknya, atau naik sekitar 22.500 rupiah. Kondisi ini cukup di resahkan oleh para peternak ayam petelur.

Menurut pedagang, Agus Purwanto, sejak sebulan terahkir ini, harga pakan ayam petelur, atau konsentrat mulai naik antara 10 hingga 20 persen, sebab  bahan baku untuk  membuat pakan ternak, mayoritas di import dari luar Indonesia dan menggunakan mata uang dollar, selain itu harga pakan ayam sudah naik dari pabriknya.

Naiknya harga pakan ayam petelur ini, tidak hanya di rasakan oleh para peternak ayam petelur, yang keberatan naiknya harga pakan ayam,  naiknya harga pakan ayam ini, juga di keluhkan oleh pedagang, sebab sejak naiknya harga pakan ayam, daya beli masyarakat juga berkurang hingga 30 persen. ( Wan )

Diberdayakan oleh Blogger.