Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya USG 4D Untuk Mengetahui Perkembangan Janin

Hamil adalah kodrat setiap perempuan yang patut disyukuri. Ada janin di dalam kandungannya yang akan lahir ke dunia. Janin ini akan terus tumbuh dan berkembang seiring usia kandungan. Bermula dari segumpal daging, lalu tumbuh tulang membentuk bagian-bagian tubuh seperti mata, tangan, kaki, hingga akhirnya sempurna bentuk manusianya.

Pasti menggemaskan sekali ketika seorang mommil bisa melihat perkembangan janin dalam kandungannya. Melihat si calon bayi salto di dalam perut, menendang-nendang perut mommil, menghisap jari, bahkan tersenyum. Apakah bisa? Bisa dong, kan ada USG 4D yang bisa melihat perkembangan janin secara utuh.

Jika sebelumnya ada USG 2D yang hanya memperlihatkan gerakan janin berupa bayangan, maka USG 4D bisa menampakkan wujud janin secara lengkap loh. Kelihatan matanya, telinganya, tangannya. Pokoknya seperti melihat bayi sungguhan yang sudah lahir.

Mengapa Mommil Harus Melakukan USG 4D

Mommil Harus Melakukan USG 4D

Ultrasonografi 4 Dimensi atau yang biasa dikenal dengan USG 4D merupakan metode untuk mengetahui perkembangan janin di dalam rahim seorang mommil atau mom yang sedang hamil. Caranya dengan menggunakan mesin USG 4D yang canggih.

Dokter kandungan akan mengarahkan semacam alat pendeteksi ke perut mommil dan menggerakkannya ke setiap bagian perut. Dari layar mesin USG 4D, dapat terlihat keadaan janin yang sedang bergerak di dalam rahim mommil.

USG 4D ini lebih maju dibandingkan metode USG 2D yang benar-benar hanya menampakkan kondisi janin lewat dua dimensi. Berupa bayangan dan tidak jelas bagaimana bentuk calon bayinya. Sehingga untuk mengetahui bentuk wajah dan segala perkembangan janin, haruslah lewat USG 4 dimensi yang memiliki beberapa keunggulan, seperti :

1. Melihat Aktivitas Janin Lebih Jelas

USG 4 Dimensi menggunakan gelombang mikro yang bisa menampakkan aktivitas janin dari segala arah. Sehingga terlihat bentuk lekuk tubuh janin secara sempurna. Berbeda dengan USG 2 dimensi yang hanya menampakkan sisi depan dan belakang saja. Gambarnya pun samar dan tidak jelas.

Sementara itu, gambar yang dihasilkan USG 4D akan memperlihatkan gerakan bayi tersenyum, menguap, mengisap jari, berkedip, memegang plasenta, bahkan menendang – nendang perut mommil. Benar-benar seperti melihat bayi saat sudah lahir ke dunia. Terharu gak sih.

2. Mendeteksi Kemungkinan Adanya Gangguan pada Janin

USG 4D juga berguna untuk kepentingan diagnosa dokter. Metode 4 dimensi yang memperlihatkan semua bagian tubuh, akan membuat dokter bisa mengecek perkembangan janin secara utuh. Misal apakah ada gangguan pada jantungnya, apakah jumlah jari tangan dan kaki normal berjumlah lima, atau keadaan lainnya.

Jika terjadi hal yang tidak normal. Missal tiba-tiba terlihat gerakan jantung janin lambat atau ada tambahan jari di tangannya, maka dokter bisa segera melakukan tindakan. Sehingga janin bisa lahir selamat.

3. Mengetahui Posisi Plasenta Menjelang Persalinan

Pada beberapa kehamilan, sering kita jumpai bayi sungsang. Artinya posisi kepala bayi melintang dan berhenti berputar. Pada normalnya, janin akan terus berputar di dalam rahim mom, dengan posisi akhir kepala berada pada bagian jalan keluar rahim.

Posisi sungsang biasanya terjadi saat janin terlilit plasentanya sendiri, atau karena mommil kurang bergerak. Akibatnya, posisi kepala bayi yang seharusnya berada di bawah, masih berada di atas atau di tengah. Sehingga mommil mengalami kesulitan dan bahkan kesakitan.

Melalui USG 4D, segala kemungkinan tersebut bisa dicegah. Karena dokter mengetahui lebih dulu sebelum janin tersebut lahir. Sehingga dokter bisa memberikan pengarahan kepada mommil untuk melakukan tindakan yang bisa membuat kepala janin berputar normal kembali. Biasanya dengan sering bersujud.

Kapan USG 4D dilakukan?

Kapan USG 4D dilakukan?

Setiap mom yang hamil, sebaiknya memeriksakan kandungannya setiap bulan sekali. Ayah harus siaga nih, siap mengantar sang istri untuk control kandungan tiap bulannya. Ayah juga bisa ikut memperhatikan proses USG 4D, agar mengetahui keadaan calon buah hatinya yang mash ada di rahim sang istri.

USG pada janin sebaiknya dilakukan sebanyak 4 kali selama kehamilan. USG 2D bisa mulai dilakukan di trimester pertama pada usia kandungan di atas 10 minggu. Lalu berlanjut ke trimester kedua dan ketiga. Sementara itu USG 4D bisa dilakukan pada trimester ketiga saja atau pada minggu-minggu menjelang kelahiran.

USG 4D Murah di Klinik Kehamilan Sehat


Klinik Kehamilan Sehat merupakan klinik kehamilan yang terlengkap di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2016 dan sudah melayani lebih dari 200.000 mommil atau mama hamil.

Selain mengecek kehamilan, Klinik Kehamilan Sehat juga melayani program kehamilan, pemasangan alat KB seperti IUD, cek laboratorium serta aktivitas farmasi lainnya.

Klinik Kehamilan Sehat melayani USG 4D murah yang pastinya membuat para mommil bersemangat untuk memeriksakan kandungannya. Ayah yang menemani pun pasti ikut senang dong. Karena bisa bersama-sama memperhatikan perkembangan calon buah hati mereka. Klinik Kehamilan Sehat bisa menjadi solusi kedekatan orang tua dan anak melalui USG 4D murah, karena :

Cek USG 2D, akan mendapatkan gratis cek USG 4D

Dimana lagi bisa mendapatkan dua pelayanan sekaligus dengan satu kali bayar saja. Kehamilan Sehat bisa melakukan itu, karena pada pemeriksaan USG 2D, pasien akan mendapatkan gratis USG 4D. Hasilnya pun bisa diprint untuk dijadikan kenangan terindah buat mom dan ayah.

Dengan pemeriksaan rutin, secara tidak langsung klinik Kehamilan Sehat memperhatikan kesehatan mom dan calon buah hati, sehingga diharapkan persalinan yang akan berlangsung bisa terjadi secara normal dan lancar.

Diperiksa langsung oleh dokter Sp.OG bersertifikat

Pasien bisa mengisi formulir untuk bertemu langsung dengan dokter kandungan yang sudah berpengalaman dan bersertfikasi. Hasil pemeriksaan yang dilakukan para ahli tentu saja memberikan kita ketenangan. Karena sang dokter juga akan memberikan konsultasi dan arahan agar mom selalu sehat dan calon bayinya juga sehat.

Harga Kompetitif

Harga USG 4D di Klinik Kehamilan Sehat berkisar dua ratus ribuan saja. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan pelayanan setara rumah sakit. Terjangkau banget kan.

Menerapkan Budaya Kehamilan Sehat

Para staf di Klinik Kehamilan Sehat selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik pada pasiennya. Caranya lewat tiga moto yang melekat erat pada Klinik Kehamilan Sehat. Yaitu Keselamatan pasien, kekeluargaan dalam tubuh Klinik Kehamilan Sehat, serta peningkatan berkesinambungan. Sehingga kesejahteraan keluarga besar Kehamilan Sehat pun dapat terjaga.

Klinik Kehamilan Sehat semakin berkembang seiring perkembangan zaman. Di tahun 2021 saja, sudah ada 16 cabang Klinik Kehamilan Sehat yang ada di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta Timur, Tangerang, Bekasi, Palembang, Bandung dan juga Surabaya.

Yuk mom, periksakan kandungan mom di Klinik Kehamilan Sehat terdekat. Jangan lupa ditemani ayah ya. Agar bahagia dirasakan bersama ketika melihat detail janin yang nantinya akan lahir ke dunia.

Posting Komentar untuk "Pentingnya USG 4D Untuk Mengetahui Perkembangan Janin"