Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Elemen Penting pada Product Management

Apa sih management product itu? Yuk kenalan, agar pemahaman kita tentang management product bertambah, kalau perlu, kita lebih memperdalamnya dengan ikut di kelas product management bootcamp. Mengapa? Alasan dan apa saja yang penting diketahui tentangnya, kita akan bahas di sini.

Mengelola ilmu Product Management, sudah pasti mengikuti selera diri Anda sebagai pelaku pencari ilmu. Jika Anda mengikuti kelas-kelas management product, ia hanya sebagai perantara yang memfasilitasi keilmuan tentangnya.

Alasan mengapa harus ikut kelas, akan diulas dalam artikel ini, sekalian menjelaskan beberapa elemen yang harus diperdalam dalam management product, yuk simak.

4 Elemen Penting pada Product Management

4 Elemen Penting pada Product Management

Ada banyak bootcamp yang diadakan oleh kelas-kelas di luar sana. Hal ini agar para siswa yang ikut kelas, bisa mendapatkan materi dengan elemen-elemen penting yang dipelajarinya. Ada apa saja sih elemen penting itu?

1. Skill Berkomunikasi

Sebagai seorang yang bertugas menjadi produk manajer, skill yang genting untuk dikuasai adalah dapat berkomunikasi dengan baik, atas semua lini yang sedang bekerjasama. Misalnya saja, antara produk manajer dengan produk design, karena harus saling memahami gambar yang diinginkan klien.

2. Managemen Projek

Mengatur semua projek yang dilakukan oleh semua divisi, di mana, semua akan melakukan pelaporan kepada management product. Sehingga, sebagai product management harus paham banyak ilmu, serta tegas dalam keputusan.

Malah kebanyakan, product management juga harus bisa terlibat dalam pembuatan projek yang berlangsung.

3. Data-Driven

Adanya pelaporan pada setiap divisi tentang perkembangan projek, nantinya akan menghasilkan pertimbangan yang dilakukan oleh product management dan melakukan perbaikan fitur misalnya pada sebuah web resmi yang dimiliki oleh perusahaan.

Jika memang ingin memaksimalkan, perubahan atau audit fitur itu sangat diperlukan, bahkan kalau bisa, dicek dalam waktu 1 bulan sekali, dan yang bertugas adalah produk manajer.

4. Tehnical dan Business Knowledge

Selain itu, Anda juga harus paham akan banyak teknik tentang keilmuan, atau tahu banyak hal, misalnya sebagai management produk yang timnya sedang membuat web E-Commerce, maka Anda juga harus tahu tentang hal-hal yang mendasari tentang bisnis e-commerce.

Kelas Product Management, Kira-Kira Ilmu Apa Saja yang didapat?

Kelas product management kali ini, sekaligus merupakan review dari kelas yang diadakan oleh Binaracademy.com pada kelas bootcampnya. Kalau bahas kelas dari Binar Academy, banyak banget yang bakal Anda dapatkan langsung, yuk intip kelasnya:

1. Anda Akan Mendapatkan Materi Pengantar Dunia Pemograman

Dalam kelas, semua skill yang mendekati produk manajer akan dipelajari, termasuk tentang pemograman. Antara lain akan mengulik tentang bahasa yang ada di pemograman, sejarah aplikasi ada, tahu tentang konsep dari produk, tech stack, SCRUM, MVP.

2. Kemampuan Mengerti Dasar Product Management

Karena ini masih dasar, Anda akan mendapatkan, pengenalan tentang product management, sejarah, posisinya di masa lampau dan sekarang, tugas atau peran atau tanggungjawab yang diemban, kebiasaan yang dilakukan oleh product management.

3. Juga Akan Memperoleh Skill Utama Product Management

Dalam skill utama yang diberikan pada materi kelas, yang terpenting adalah kemampuan punya empati, belajar membiasakan menemukan jawaban dari why, atau mengapa? Influencing Skill, belajar menerima klien dan menemukan jawaban atau solusi jalan tengah yang diinginkan klien dari hasil kerjaan kita.

4. Ilmu Tentang Memahami Proses Bisnis

Anda mendapatkan, berbagaimacam informasi model bisnis, belajar struktur organisasi, OKR North Star, bisa mendapatkan ilmu tentang pengenalan Change Management juga ding dan masih banyak lagi.

5. Serta Memahami User Persona yang Jarang dimiliki Oleh Orang Biasa

Yang tidak kalah penting, dengan mengikuti kelas di Binar Academy, Anda bakal paham dengan pembahasan user persona. Mulai dari materi pengenalannya, conducting user interview, hingga bisa atau punya kemampuan menyeleksi persona atau bisa Memilih persona yang tepat.

Bukan hanya diberikan 5 materi di atas, Anda akan mendapatkan materi tentang memahami customer jurney, tentang sebuah perencanaan produk, tahu penelitian quantitative, Paham tentang Stakeholder, Roadmapping, bisa mengolah product management dengan lingkungan yang tepat.

Jika Anda tidak bergabung dengan Binar Academy, pasti merasakan rugi loh. Karena banyak sekali yang akan Anda dapatkan, selain materi-materi kelas yang ada di atas.

Kesimpulan

Anda kini tahu, bahwa ada banyak yang membuka kesempatan belajar tentang product management, namun pasti ingin mendapatkan kelas yang terbaik bukan?

Binaracademy.com salah satu kelas yang tepat untuk Anda masuki. Banyak materi tersuguhkan, dan bisa diserap agar kemampuan Anda kian meningkat. Kemampuan apa? Yaitu tentang manajemen perusahaan, terutama di bagian produknya.

Nah di atas sempat menyinggung soal Bootcamp, apa sih itu? Sebuah kelas atau program belajar yang diadakan oleh Binar Academy, dalam kisaran waktu tertentu.

Kesimpulannya, ada banyak elemen yang harus Anda ketahui tentang Product Management, dan itu bisa Anda dapatkan pada kelas Binar Academy, yaitu kelas product management bootcamp.

Posting Komentar untuk "4 Elemen Penting pada Product Management"