Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Produk Unggulan BPRS Almasoem

Solusi pinjaman syariah bisa didapatkan di BPRS Almasoem. Almasoem merupakan BPRS yang dibangun atas dasar prinsip dan tatanan ekonomi sesuai dengan syariah islam. Landasan tersebut merupakan keharusan karena telah sesuai dengan ajaran agama islam yang juga mengatur tentang kehidupan sosial ekonomi.

BPRS Almasoem mulai dinotariskan pada tahun 1993, dan sempat mengalami gonjang ganjing pada saat krisis moneter 1997-1998. Namun faktanya, BPRS Almasoem sebagai contoh BPR pemodalan syariah dapat melalui situasi krisis keuangan Nasional kala itu dengan hasil yang cukup bagus.

Tahun 2020 BPRS Almasoem mendapatkan investor dari lingkar luar, yaitu dari PT Permodalan Nasional Madani. Modal ditanamkan di BPRS Almasoem dalam bentuk penyertaan PT dalam program BPRS Almasoem.

Perkembangan BPRS Almasoem

Perkembangan BPRS Almasoem

Dari tahun ke tahun, BPRS Almasoem selalu memberikan pelayanan sesuai syariat islam dengan baik. Mengusung motto “Meraih Sukses Bersama Kemaslahatan Ummat”, BPRS Almasoem berkembang dan mampu membuka banyak cabang di beberapa wilayah di Pulau Jawa.

Melalui komitmen yang konsisten dan kuat, BPRS Almasoem mampu memberikan kualitas hidup dan ekonomi ummat ke kualitas yang lebih baik lagi.

Berikut daftar kantor pusat, kancab, dan kantor kas BPRS Almasoem yang ada di Pulau Jawa:
  1. Kantor Kas Cipancing Jatinagor
  2. Kancab Majalaya
  3. Kancab Jatiwangi
  4. Kancab Kopo
  5. Kancab Arcamanik
  6. Kantor Kas Ciwidey
  7. Kancab Cianjur
  8. Kancab Garut
  9. Kantor Kas Pasar Guntur Garut
  10. Kantor Kas Kualalet Baleendah Bandung

4 Produk Unggulan dari BPRS Almasoem

BPRS Almasoem hingga tahun ini mendapatkan predikat SEHAT dalam pengelolaan keuangan syariah. Audit rutin dilakukan akuntan independen terhadap laporan tahunan BPRS Almasoem. 

Predikat sehat meliputi laporan keuangan dalam keadaan wajar menyangkut penyajian laporan materil, posisi keuangan, hasil usaha, arus kas, dan lain sebagainya sesuai dengan PSAK syariah.

Ada 4 produk unggulan BPRS Almasoem yang ditawarkan kepada nasabah. Berikut ulasan produk unggulan tersebut:

1. Pembiayaan Syariah Masoem iB

BPRS Almasoem merancang pembiayaan syariah untuk memenuhi solusi keuangan dan kebutuhan nasabah. 

Ragam layanan produk BPRS Almasoem berupa penyaluran atau kredit yang mencakup Piutang Murabahah, Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Multijasa, dan Gadai Emas Syariah.

Berkaitan dengan piutang murabahah, BPRS Almasoem akan memberikan barang dalam status halal yang dibutuhkan dengan cara dijual. 

Cara penjualan bisa dilakukan dengan sistem angsuran sesuai dengan kemampuan nasabah. Jenis piutang ini menguntungkan nasabah karena bisa digunakan untuk investasi dan modal kerja.

Berbeda dengan murabahah, pembiayaan mudhrabah adalah dana yang diberikan BPRS Almasoem untuk modal usaha. 

Dalam perkembangannya, nasabah akan melakukan bagi hasil usaha bersama BPRS Almasoem. Beberapa jenis usaha yang dapat dibiayai adalah perdagangan, investasi, modal kerja, manufaktur, dan usaha atas dasar kontrak.

Pembiayaan Musyarakah merupakan kongsi yang dilakukan BPRS Almasoem dengan nasabah. 

Kesepakatan akan berakhir ada pemberian kontribusi sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui kedua belah pihak berdasarkan porsi dana yang diberikan.

Keunggulan produk pembiayaan di BPRS Almasoem antara lain proses yang cepat, persyaratan yang diberikan cenderung mudah, jangka waktu yang diberikan kepada nasabah fleksibel, biaya administrasi ringan, serta kesepakatan bagi hasil yang kompetit.

2. Tabungan Masoem iB

Berbasis keuangan syariah, BPRS Almasoem menawarkan keleluasaan investasi tabungan yang dikelola berdasarkan prinsip wadi’ah dan mudharabah.

Wadi’ah artinya simpanan yang sifatnya titipan dan dapat diambil sewaktu-waktu oleh nasabah. BPRS Almasoem akan mengelola uang agar terus tumbuh dan menghasilkan. 

Tiap bulan nasabah akan mendapatkan pelaporan di buku rekening terkait saldo dan bonus yang menarik.

Sedangkan mudharabah adalah pengusahaan dana dari BPRS Almasoem kepada nasabah sesuai dengan syariah. Terkait dengan pembagian hasil, bank dan nasabah sudah melalui proses kesebakatan sesuai nisbah.

Tabungan BPRS Almasoem memberikan benefit kepada nasabah berupa keamanan, keuntungan, pengelolaan syariah, bonus, bagi hasil yang kompetitif, pembebasan biaya materai saat membuka rekening, investas dalam bentuk pembiayaan syariah yang halal dan produktif, dijamin oleh LPS, serta kegiatan perbankan yang bisa dilakukan di seluruh kancab BPRS Almasoem.

Jenis layanan produk tabungan yang bisa dipilih nasabah adalah Tabungan Ma’soem iB, Tabungan Ma’soem Haji iB, Tabungan Ma’soem Simpanan Pelajar iB, Tabungan Ma’soem Qurban iB, dan Tabungan Ma’soem Masa Depan iB.

Untuk persyaratan pembukaan rekening hanya perlu melampirkan fotocopy identitas (KTP/ SIM/ Paspor/ Kartu Pelajar), mengisi formulir aplikasi pembukaan tabungan wadi’ah untuk jenis Tabungan Ma’soem dan Simpanan Pelajar, atau mengisi formulir aplikasi tabungan mudharabah untuk Tabungan Haji, Qurban, dan Masa Depan.

3. Gadai Emas Syariah

Penyerahan barang atau harta (marhun) disebut ar rahn, sedangkan pemberi gadai disebut rahin dan penerima gadai disebut murtahin. Rahin akan menerima barang dari murtahin sebagai jaminan piutang, namun memastikan barang tersebut tidak hilang dan hanya sebagai investasi di bank.

Syaratnya cukup mudah, gadai emas di BPRS Almasoem bisa dimulai dengan minimal emas 1 gram disertai kuitansi pembelian barang. Barang juga dilampiri fotocopi identitas diri murtahin. Kurang dari 10 menit, dana sudah bisa dicairkan.

Adapun jenis emas yang bisa menjadi jaminan di BPRS Almasoem adalah emas merah, emas kuning, dan emas putih. Emas dapat berupa koin emas, logam muli dengan kada 17 hingga 24 karat, dan atau perhiasan emas.

4. Deposito Masoem iB

BPRS Almasoem juga menyediakan produk simpanan berjangka. Layanan transaksi berbasis bagi hasil, keadilan, dan kebaikan agar tercipta kemaslahatan di kedua belah pihak.

Layanan deposito BPRS Almasoem menggunakan prinsip mudharabah dan muthlaqah. Jangka waktu yang ditawarkan adalah satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan, dimana dana akan dikelola bank untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif dari pada bank lainnya.

Menyimpan deposito di BPRS Almasoem memberikan jaminan aman, menguntungkan, pengelolaan sesuai syariah agama islam, bagi hasil kompetitif, bebas biaya pembukaan, pembiayaan produktif halal, jangka waktu fleksibel sesuai keinginan nasabah, serta jaminan oleh pemerintah dan LPS.

Penjelasan, syarat-syarat, dan perhitungan langsung bisa dipelajari dipelajari di website resmi BPRS Almasoem. Menjalankan perbankan sesuai aturan-aturan di agama islam, BPRS Almasoem bisa menjadi solusi untuk melakukan pinjaman syariah dan pembiayaan syariah sesuai dengan kesanggupan finansial nasabah.

Posting Komentar untuk "4 Produk Unggulan BPRS Almasoem"