Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Penerapan IoT dalam Kehidupan Sehari-hari

Perkembangan teknologi yang signifikan dari era digital 4.0 hingga society 5.0. Kita sekarang dalam era society 5.0, dimana teknologi bukan lagi untuk mempermudah pekerjaan industri tapi sudah menjadi bagian hidup manusia.

Seperti bekerja dari rumah yang membutuhkan teknologi untuk bisa berkoordinasi dengan perusahaan maupun rekan kerja. Sehingga kita perlu IOT/Internet of Things yang bisa menghubungkan semuanya. Apa itu IOT dan contohnya baca selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Internet of Things?

Internet of things, secara teknis merupakan sebuah sistem yang memiliki komponen digital device, computational device, dan mechanical. Dimana setiap devicenya terdapat UIDS\ unique identifier yang menampung dan mengirimkan data melalui jaringan internet ke sistem .

Apa itu IOT dan contohnya?

Apa itu IOT dan contohnya? IOT atau Internet of Thing secara sederahana adalah sebuah program yang bisa mentransmisikan objek dalam bentuk data yang dikirim melalui jaringan internet yang menghubungkan kegiatan harian manusia.

IOT berkembang mulai dari teknologi nirkabel, MEMS/microelectromechanical, internet, danQuick Responses(QR Code. Istilah lain IOT adalah Radio Frequency Identification(RFID) sebagai cara berkomunikasi canggih.

IOT lainnya yang berkonsep dasar sensor seperti teknologi nirkabel dan kode QR yang sering digunakan dalam sehari-hari. Contohnya menggunakan Whatsapp web dengan scan kode QR. Pembayaran dengan dompet digital yang diperlukan scan kode QR-nya.

Sensor suara diterapkan oleh Google untuk memudahkan pencarian tanpa mengetik. Dengan menggunakan IOT banyak hal dimudahkan dari kegiatan harian.

5 Contoh Internet of Things dalam Sehari-hari

5 Contoh Internet of Things dalam Sehari-hari

1. Financial Service

Contoh penerapan Internet of Things dalam keseharian adalah keuangan. Mulai dari kirim uang baik untuk pembayaran atau isi saldo. Tidak perlu lagi pergi ke teller bank untuk kirim/pembayaran. Aplikasi investasi yang bisa dilakukan dengan smartphone, terdapat analisis jenis investasi dan informasi lainnya.

Aplikasi pembuatan rekening digital yang memudahkan nasabah untuk mengecek saldo, riwayat transaksi, kirim uang, dan lainnya. Contoh lainnya pengaturan alokasi keuangan dalam sebulan yang membantu penggunanya agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan.

2. Pertanian

IOT dalam pertanian berguna untuk mendata unsus hara tanah, tingkat keasaman, debit air, dan lainnya. Data yang terkumpulkan nantinya akan menjadi data akhir untuk mengetahui kondisi lahan pertanian.

Proses pemupukan di lahan yang luas dengan menggunakan Sprayer Drone. Dimana alat teknologi tersebut digerakan oleh remote control untuk menyebarkan pupuk di area pertanian. Tidak perlu lagi manusia yang terbang dengan helikopter dan menyemprotkan pupuk.

3. Kesehatan

Alat penemuan cek suhu badan, gula darah, kolesterol, detak jantung merupakan beberapa contoh dari kemajuan IOT. 

Alat yang sering digunakan oleh masyarakat umum yaitu smartwatch atau aplikasi dalam android yang membantu ketika olahraga. Menghitung kalori yang dibakar, detak jantung, jumlah jalan kaki, dan lainnya.

4. Transportasi

IOT yang terbarukan dari transportasi adalah menyetir mobil tanpa memegang stirnya. Jenis mobil ini sudah dikembangkan di benua Eropa. Mobil yang tanpa menyetir manual diberi sensor untuk mengetahui kondisi jalan dan lalu lintas.

Sehingga orang yang sedang mengemudi bisa duduk tenang di belakang kemudi. Meski mobil bisa dikontrol tanpa mengemudi bukan berarti boleh melepaskan mobil berjalan tanpa ada orang di dalamnya.

5. Energi

Contoh IOT dalam bidang energi salah satunya adalah televisi pintar. Televisi yang bisa terkoneksi dengan internet dan menayangkan saluran-saluran yang menyesuaikan dengan penggunaannya.

Dalam bidang energi lingkungan, IOT membantu dalam hal memberikan data pencemaran udara, tanah, dan lainnya Data yang didapatkan ini bisa digunakan untuk kebijakan mengatasi polusi sebelum menjadi bencana besar.

Dari contoh diatas bagaimana cara kerja IOT dan apa saja pendukungnya akan dijelaskan dibawah ini.

Unsur dan Cara Kerja IOT

IOT yang merupakan sistem tidak bisa berdiri sendiri. Agar IOT bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan maka diperlukan unsur utama sebagai berikut:

1. AI (Artificial Intelligence)

Kecerdasan buatan manusia atau AI merupakan unsur utama yang menyebabkan berkembangnya semua teknologi. AI digunakan oleh mobil tanpa harus mengemudi untuk mendeteksi manusia, hewan, sesuatu yang ada di depannya dan sekitarnya. Adanya AI menyebabkan mobil meminimalisir kecelakaan.

AI merupakan sumber data yang berfungsi untuk menerjemahkan apa yang harus dilakukan oleh device. Contoh AI yang membuat pengguna instagram terkagum-kagum adalah influencer dari Korea yang tidak nyata tapi seperti layaknya manusia di akunnya.

2. Connectivity

Sistem IOT tidak akan berjalan tanpa adanya konektivitas. Konektivitas ini untuk menghubungkan semua device ke server. Sehingga data yang dibutuhkan dan data akhir bisa dianalisis dengan segera dan cepat.

Jenis jaringannya dari internet, infra merah, lowaran, bluetooth, dan lainnya. Untuk membuat sistem IOT tidak harus membutuhkan jaringan yang besar. dengan jaringan yang sederhana juga bisa.

3. Device/Perangkat

Perangkat untuk IOT saat ini dibutuhkan yang fleksibel penggunaannya maupun penyimpanannya. Agar mudah digunakan dan tidak merepotkan.

4. Data

Data dibutuhkan untuk analisis dari IOT. Banyak diperlukan data untuk membuat sebuah sistem agar hasilnya akurat.

5. Aktif

Keaktifan antara device dengan server atau sebaliknya yang dikendalikan oleh sensor data. Contohnya sensor CCTV untuk merekam seluas 360 derajat.

Bagaimana dengan cara kerja IOT? Untuk cara kerjanya yaitu sensor device yang mengambil data dari objek dan diteruskan kepada server yang akan diubah menjadi sebuah kesimpulan hasil. Diperlukan jaringan yang bagus untuk hasil yang sesuai dari data objek.

Untuk membuat IOT dengan sistem end to end, karena keamanan digital yang penting saat ini sehingga diminati oleh penggunanya. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut bisa didapatkan dari Telkom. Fasilitas Telkom lainnya perangkat, infrastruktur, jaringan lowran, dan IOT antares. Apa itu Internet of Things dan contohnya bisa dipahami sampai sini.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Penerapan IoT dalam Kehidupan Sehari-hari"