Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Peranan Ilmu Data Science pada Bisnis Anda

Kuliah data science di era masyarakat modern, saat teknologi sudah sangat canggih seperti ini sudah tidk asing lagi dilakukan. Menuntut Anda dan kita semua ikut andil mengambil bagian menimba ilmu, dan menerapkan data science pada bisnis.

Seberapa pentingkah bisnis dengan penerapan data science? Jika pertanyaan itu terlontar ke permukaan, jawabannya sangat penting. Salah satu contoh, dengan adanya ilmu dan penerapan data science, Anda bisa melindungi keamanan bisnis dengan sebuah teknologi data tersebut.

Bukan hanya itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda terima, nanti di dalam artikel ini akan kami bedah seberapa berperankah data science itu. Serta di tempat mana yang bisa Anda gunakan untuk menimba ilmu dan memperdalam keilmuan data science ini.

9 Peranan Ilmu Data Science Terhadap Bisnis

9 Peranan Ilmu Data Science Terhadap Bisnis

Tidak semua orang menyukai ilmu tentang data-data yang terkesan membingungkan, karena harus bertempur dengan data-data. Namun, pada kenyataannya sekarang ini kebutuhan terhadap teknologi, khususnya yang berhadapan dengan data, sangat penting dan dibutuhkan.

Terlebih jika sudah membicarakan tentang bisnis, di mana sistem keamanan memang harus benar-benar dijaga. Sebuah bisnis yang menggunakan sistem jarak jauh, pasti harus melalui website dan data-data penting yang kadangkala harus bisa diakses banyak orang.

Sehingga keamanan data pribadi semua orang, ataupun data keamanan bisnis itu sendiri harus benar-benar dijaga ketat. Salah satu alatnya yaitu dengan mempelajari data science dan menerapkannya. Selain keamanan, alasan lain seperti menganalisa pasar bisnis, juga bisa Anda lakukan di sini.

Ini dia beberapa pernanan Ilmu data Science yang bisa Anda pelajari:

1. Memprediksi Pasar dan Memantau Peluang

Bisnis, misalnya perdagangan, bukan hanya soal menjual barang dan menghabiskannya dalam waktu yang singkat. Tetapi, pemilik bisnis sudah harus punya wawasan tentang pasar yang akan Anda sasar. Dengan punya imu data science, Anda bisa memprediksikan pasar dan mengetahui peluang pemasaran.

2. Meningkatkan Keamanan

Dengan ilmu data science, Anda bisa mengatur keamanan menjadi lebih ketat. Apalagi di era teknologi yang kian canggih, sudah pasti wajib mengamankan keamanan bisnis yang Anda punya. Data-data pribadi perusahaan bisa lebih terjamin keamanannya dengan adanya ilmu data science.

3. Merekrut Bakat yang Pas dan Tepat Saat Membuka Peluang Pekerjaan

Terkadang, Anda sebagai pemilik usaha, membutuhkan karyawan yang baru untuk membantu Anda dalam memaksimalkan bisnis. Jika demikian, merekrut tenaga kerja yang pas dengan bisnis Anda tidak boleh asal-asalan. Data science, bisa Anda manfaatkan untuk menganalisa data pribadi karyawan.

4. Identifikasi Target Pasar dengan Menggunakan Alat

Ada banyak alat dengan kecanggihan teknologi, yang bisa dimanfaatkan untuk memeriksa target pasar di era sekarang ini. Sehingga tidak perlu menganalisa secara manual, alat ini bisa membaca secara otomatis, target pasar yang bagus, misalnya saja dengan google analytic.

Jika Anda punya ilmu science, tentang mengidentifikasi target pasar pun kini bisa dilakukan dengan mudah.

5. Menguji Sebuah Keputusan dalam Bisnis

Ilmu science ternyata juga bisa Anda gunakan dalam menguji sebuah keputusan dalam bisnis Anda. Mengapa bisa? Dengan data-data yang bisa Anda kumpulkan secara detail, ketika Ada sudah mengambil keputusan, jangan tergesa-gesa Anda ubah strategi yang telah Anda sepakati.

Tetapi, lihat terlebih dahulu hasil analisa keputusan itu, tinjau kembali. Karena dengan data-data yang telah ada, ilmu data science bisa berperan dalam mengambil keputusan yang tepat.

6. Pengambilan Keputusan yang Tepat dengan Bukti yang Dapat dilihat

Seperti poin sebelumnya, data science bisa dimanfaatkan untuk menguji pengambilan keputusan yang tepat. Apa patokannya? Sebuah data dan hasil analisa yang bisa langsung Anda pantau dari hasil analisisnya, jadi memang ada buktinya.

7. Mengambil Tindakan dengan Analisa Tren pada Bisnis

Data science membantu mengambil tindakan atau keputusan, biasanya dengan apa? Dengan hasil analisa tren yang muncul di layar pada bisnis Anda. Tugas Anda selain memantau, tetapi segera mengambil tindakan saat data itu menunjukkan penurunan peminat atau kenaikan.

8. Mengatur Manajemen dan Memanfaatkannya dalam Mengambil Keputusan yang Tepat

Jika Anda berposisi sebagai manajer, kelihaian mengatur manajemen menjadi jurus andalan agar bisnis tidak sampai salah arah. Dengan adanya ilmu data science, nantinya bisa dimanfaatkan untuk me-manage sebuah bisnis yang Anda kelola.

9. Menjaga Bisnis Anda Agar Tetap Stabil dengan Analisa Terbaik

Terakhir, sebagai pungkasnya, dengan adanya imu data science, paling penting adalah Anda bisa menjaga bisnis supaya tetap stabil. Sesuai dengan data analisa bisnis yang dihasilkan, jadi memang tidak boleh asal-asalan, apalagi sudah ada bukti datanya yang diperoleh.
 

Data Science UBM Hadir Sebagai Prodi Terbaik

Data Science UBM Hadir Sebagai Prodi Terbaik

Pemanfaatan ilmu data science sudah kita ketahui bersama, sangat terasa manfaatnya bukan? Apalagi jika bisnis yang sedang dikelola hendak menjadikannya lebih profesional. Analisa terhadap kemajuan bisnis, sangat diperlukan.

Sekarang ini, banyak sekali perusahaan besar yang membutuhkan talen atau karyawan yang mampu menganalisa sebuah bisnis. Kesempatan Anda yang masih berusia muda, untuk memperdalam ilmu tentang data science.

UBM (Universitas Bunda Mulia) Tangerang, menjadi salah satu kampus yang sudah memiliki Prodi Data Science. Kini saatnya Anda menjadi bagian, dan mengambil peluang kemampuan yang jarang dimiliki banyak orang.

Kalau tentang pekerjaan yang bisa menampung kemampuan ini, jangan ditanya apakah ada banyak atau sedikit. Karena nyatanya, kemampuan analisis bisnis, misalnya seo specialist sekarang ini jadi orang yang sering diperrebutkan, bahkan gajinya bisa mahal.

Selain profesi itu, banyak ahli data science yang dibutuhkan, apalagi yang paham dengan IT (ilmu tekonologi) berupa kode-kode keamanan dalam website resmi bisnis.

Yuk gabung dengan kuliah data Science UBM, kemampuan data science Anda akan meningkat. Peluang kerja dengan pesaing yang tidak terlalu banyak, akan Anda dapatkan.

Posting Komentar untuk "9 Peranan Ilmu Data Science pada Bisnis Anda"