Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Pintu aplikasi crypto terbaik siap memanjakan Anda dengan kemudahan mengakses dan pelayanan terbaiknya. Namun sebelum itu, kami akan berbagi mengenai informasi tentang apa itu cryptocurrency, dari mulai pengertian, fungsi, hingga jenisnya.

Bagi Anda yang suka menjelajah bisnis, terutama yang mempunyai modal besar, pasti sudah kenal dengan cryptocurrency. Sebagai mata uang digital yang paling digandrungi oleh orang banyak, bahkan semua negara bisa memakai uang ini tanpa ragu dan tidak ada batasan yang menghalanginya.

Jenis mata uang cryptocurrency sebenarnya seperti apa sihi? Yuk ketahui semuanya, fungsinya apa, ada apa saja sih bentuk uang digital yang satu ini, baca terus sampai akhir ya.
 

Pengertian atau Definisi Cryptocurrency

Pengertian atau Definisi Cryptocurrency

Transaksi bisnis di era tekonologi, sudah semakin dipermudah dengan hadirnya uang digital. Lalu, cryptocurrency ini masuk menjadi saah satu uang digital yang bisa menunjang transaksi bisnis jarak jauh. Dengan kata lain, cryptocurrency adalah uang digital yang bisa digunakan kapan saja, di mana saja.

Anda tidak perlu khawatir akan keribetan yang dihadapi saat menggunakan uang digital crypto ini seperti uang digital lainnya. Biasanya uang digital lain, pasti membutuhkan pihak ketiga berupa bank untuk melancarkan aksi transaksi, pada uang crypto, hal ini tidak perlu.

Tanpa adanya pihak ketiga, transaksi akan lancar jaya, namun lebih rentan terhadap keamanan transaksi adalah salah satu resikonya. Tetapi setidaknya, Anda bisa berbisnis tanpa dibatasi apapun, dalam nominal, dan jarak yang membatasi.

Berbicara soal keamanan transaksi dengan uang digital crypto, meski tanpa pihak ketiga, hal yang menjamin keamanan adalah adanya kode rahasia yang hanya dimiliki oleh pengguna.

Jika menelisik tentang kode keamanan, definisi cryptocurrence yang diambil dari dua kata, yaitu cryptography dan currency.

Cryptography memiliki arti kode rahasia, sedangkan currency yang artinya mata uang. Hal ini yang menunjukkan bahwa transaksi dengan mata uang crypto masih aman dan sulit untuk dibongkar kode rahasianya, namun, kehati-hatian tetap harus Anda lakukan.

Banyak sekali masyarakat dunia memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis berupa investasi. Tetapi bagi Anda yang tidak punya modal atau uang crypto dalam jumlah banyak, transaksi bisnis yang masih kecil pun bisa leluasa Anda jalankan.

Hal ini karena kemudahan transaksi dari segi nominal yang memang benar-benar tidak dibatasi, bahkan untuk transaksi jual-beli.
 

Fungsi Uang Digital Cryptocurrency


Cryptocurrency, banyak fungsinya yang bisa Anda ambil manfaatnya. Di antaranya transaksi jual-beli, baik dengan nominal yang banyak atau sedikit. Selain itu, cryptocurrency juga punya fungsi lainnya, ini dia:
 

1. Membeli Barang atau Jasa


Membeli barang atau jasa, umumnya bisa dilakukan dengan jarak dekat dan memakai uang koin, kertas, dan uang yang bisa dilihat secara langsung. Di era digital, transaksi jarak jauh dengan uang digital yang tidak kasat mata pun sudah bisa dilakukan.

Salah satunya, Anda bisa menggunakan uang cryptocurrency atau mata uang digital yang sudah mulai banyak dikenal orang. Transaksi apapun, baik beli barang atau jasa, tanpa harus bertemu tatap-muka pun bisa Anda lakukan.
 

2. Investasi


Selain untuk transaksi jual-beli, cryptocurrency juga berfungsi sebagai alat investasi. Kelebihan uang ini, dia tidak perlu adanya pihak ketiga yang menengahi. Jadi, tidak perlu adanya pihak misal bank dalam menyalurkan uangnya saat transaksi investasi.
 

3. Mining


Istilah mining, atau penambangan, tidak asing lagi di telinga para pengguna crypto. Pemecahan kode cryptocurrence untuk melancarkan aksi transaksi sebagai bentuk konfirmasi transaksi, sangat perlu dilakukan, karena nantinya akan dicatat ke dalam blockchain.

Kode-kode yang dipecahkan, caranya adalah dengan mining. Siapapun yang bisa atau berhasil memecahkan kode, akan mendapatkan hadiah.
 

4. Trading


Terkahir, Anda bisa memfungsikan cryptocurrency untuk melakukan kegiatan trading. Bisnis terseru dalam dunia digital, adalah dengan mengikuti trading atau jenis investasi yang lainnya. Di mana Anda ketika beruntung, akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Trading, salah satu bisnis yang dilakukan dengan jarak jauh atau lebih tepatnya melalui transaksi digital. Dengan adanya trading, uang digital seperti cryptocurrency ternyata bisa juga digunakan, tentu hal ini kabar baik dan sangat disukai masyarakat.
 

Jenis-Jenis Mata Uang Cryptocurrency


Informasi yang sudah Anda dapatkan, mulai dari pengertian, fungsi cryptocurrency, kini saatnya Anda juga mengetahui jenis-jenisnya. Apa Anda sudah penasaran? Yuk ketahui di bawah ini:
 

1. Bitcoin


Salah satu jenis uang crypto yang paling populer dan sering dipakai untuk transaksi bisnis jarak jauh adalah bitcoin. Adanya bitcoin ini, sudah lumayan lama, yaitu tahun 2009. Hingga kini mata uang bitcoin ternyata masih menjadi yang nomor satu kalangan pebisnis.
 

2. Litecoin


Litecoin, pertama kali hadir pada tahun 2011 yang dapat dimanfaatkan untuk transaksi secara langsung atau peer-to-peer. Keunggulan menggunakan mata uang Litecoin, bisa mempercepat transaksi bisnis.
 

3. Dogecoin


Kehadiran dogecoin, datang setelah adanya uang Litecoin, dan bisa dikatakan sebagai turunannya. dogecoin pertama kali hadir, pada tahun 2013. Untuk nilai atau nominal mata uang, ternyata dogecoin bisa dikatakan lebih rendah daripada bitcoin.
 

4. BitcoinCash


Berikutnya, jenis mata uang cryptocurrency yang lainnya, ada bitcoinCash. Kemunculan jenis mata uang ini pertama kali pada tahun 2017, dengan latarbelakang adanya protes atau ketidak-setujuan pengguna bitcoin, dan membentuk sebuah kelompok kecil agar mata uang ini menjadi lebih baik lagi.

Meski baru-baru saja hadirnya, usia uang ini masih muda, namun ketenarannya tidak kalah. Para pengguna bisa menjadikan mata uang ini masuk dalam kategori uang crypto terbaik pada peringkat kelima.
 

5. Feathercoin


Jenis mata uang crypto terakhir, ada Feathercoin, yang memiliki kelebihan pada sifatnya, yaitu open source. Meskipun ada kemiripan dengan Litecoin, ia punya kelebihan tersendiri. Siapa yang membuat? Ia bernama Peter Bushnell pada tahun 2013 yang lalu.
 

PINTU Aplikasi Crypto Terbaik yang Bisa Anda Gunakan


Setelah penjelasan panjang mengenai berbagai seluk-beluk adanya cryptocurrency atau mata uang digital. Kini sudah saatnya ulasan tentang rekomendasi aplikasi crypto untuk Anda. Agar bisnis yang Anda lakukan, bisa semakin termudahkan.

Dari sekian banyak jenis uang crypto, transaksi uang digital ini akan terasa lebih mudah jika menggunakan suatu aplikasi. Salah satunya ya, PINTU.

Dengan penawaran fitur lengkapnya, pengguna aplikasi PINTU akan lebih leluasa saat hendak bertransaksi. Misalnya saja ingin melakukan jual-beli, langsung buka aplikasi, lalu Anda akan melihat jumlah uang yang tersisa dengan jenis-jenis uangnya.

Anda pun bisa memilih ingin bertransaksi memakai uang yang mana, dan mengirim melalui PINTU. Itu dia beberapa ulasan tentang PINTU aplikasi crypto terbaik dan ulasan tentang info pengertian, jenis, serta fungsi uang cryptocurrency.

Posting Komentar untuk "Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya"