Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Melakukan Transaksi Online secara Aman

Tips Melakukan Transaksi Online secara Aman

Sumber gambar: Canva

Apakah anda suka berbelanja secara online? Jika iya, anda patut mengecek apakah seluruh proses pembelian dari tahapan awal hingga transaksi dilakukan secara aman. Hal ini tentu akan memberi kenyaman bagi anda agar tidak mengalami kerugian yang dapat terjadi kapan saja.

Salah satu ciri bahwa penyedia jasa penyedia belanja online yang terpercaya adalah mengantongi izin dari pihak OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Seluruh data akan aman selama anda melakukan transaksi selama memiliki izin OJK.

Selain itu, terdapat beberapa hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika anda hendak melakukan transaksi online. Demi berjalannya pembayaran yang aman dan nyaman.

Berikut ini Beberapa Tips Penting Menjalankan Transaksi Online secara Aman

1. Mengganti Password atau Pin secara Rutin

Transaksi Online

Sumber gambar: Canva

Langkah pertama dalam menjalankan transaksi online secara aman adalah dengan rutin mengganti password atau pin. Hal ini akan mencegah dan mempersulit peretas untuk mengambil saldo yang anda miliki.

2. Laporkan Segera ketika Menemukan Ada yang Aneh

Saat anda melakukan tahapan pembelian secara online, kemudian menemukan ada yang janggal atau aneh. Segera laporkan hal tersebut kepada layanan operator terkait dengan toko online yang anda gunakan.

Hal ini merupakan tindak pertama yang akan mencegah anda dari tindak kejahatan berupa peretasan atau pengambilan saldo secara tiba-tiba tanpa anda sadari. Sehingga anda wajib waspada.

3. Belanjalah di Toko Online atau Marketplace Terpercaya

Belanjalah di Toko Online atau Marketplace Terpercaya

Sumber gambar: Canva

Tahapan aman dalam berbelanja online adalah dengan memilih platform penyedia belanja online yang terpercaya. Jika anda menggunakan media sosial, pastikan media sosial tersebut telah memiliki banyak followers. Jika anda menggunakan media website pastikan website tersebut aman, tampilan website rapi dan sudah dikenal banyak orang.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan marketplace untuk berbelanja online, karena lebih terpercaya. Hal penting lainnya, jangan lupa membaca dan melihat review pembeli sebelumnya untuk meyakinkan anda.

4. Merahasiakan Kode atau Nomor Pin maupun Kode OTP


Langkah selanjutnya anda juga perlu merahasiakan nomor pin dan kode OTP. Kedua hal tersebut amat sensitif dan tidak bisa anda berikan kepada sembarang orang, sekalipun yang memintanya pihak bank. Karena kode tersebut merupakan rahasia pribadi sehingga cukup anda saja yang mengetahuinya

5. Menghindari Penggunaan Wifi Publik saat Transaksi

Jaringan publik sangat rentan terhadap peretas, pastikan anda logout atau keluar dari akun apapun tempat anda melakukan transaksi.

6. Aktifkan Notif SMS atau Email dalam Transaksi Online

Aktifkan Notif SMS atau Email dalam Transaksi Online

Sumber gambar: Canva

Langkah selanjutnya, anda dapat mengaktifkan notif SMS atau email untuk setiap melakukan transaksi. Hal ini akan membantu anda untuk mengantisipasi jika terdapat hal mencurigakan berupa transaksi padahal tidak menggunakan atau melakukan apapun. Segera hubungi pihak bank terkait.

7. Menggunakan Metode Pembayaran Terpercaya

Tips aman menjalankan transaksi online adalah dengan menggunakan metode pembayaran terpercaya. Salah satunya adalah TemanPay penyedia jasa untuk pembayaran online, dengan tujuan memudahkan anda untuk membeli barang secara online di seluruh website.

Contohnya seperti Zoom, eBay, AliExpress, Alibaba, DHgate dan berbagai situs lainnya yang memerlukan pembayaran melalui PayPal ataupun Credit Card.

Itulah beberapa tips melakukan transaksi online secara aman dan nyaman ketika akan berbelanja secara online.

Posting Komentar untuk "Tips Melakukan Transaksi Online secara Aman"