Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Persyaratan Beasiswa Turkiye Burslari Terbaru

Ingin melanjutkan sekolah ke Turki secara gratis? Maka Anda harus rajin mencari informasi beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Turki. Salah satu beasiswa yang paling diburu oleh para pelajar internasional adalah Turkiye Burslari.

Beasiswa Turki, Turkiye Burslari (YTB Turki), diberikan untuk pelajar asing yang hendak melanjutkan sekolah tinggi di Turki. Beasiswa ini menjadi favorit karena sistem pendaftaran dan seleksinya cukup mudah. Untungnya lagi, Pemerintah Turki mengadakan program ini setiap tahun.

Mengenal Turkiye Burslari

Mengenal Turkiye Burslari

Turkiye Scholarship Burslari adalah beasiswa pendidikan tinggi (S1, S2, S3, penelitian, dan program Bahasa Turki) yang didanai pemerintah Republik Turki untuk siswa internasional. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kesempatan yang sama kepada siswa berprestasi di seluruh dunia agar mendapat pendidikan terbaik di Turki.

Beasiswa Turkiye Burslari menjadi yang paling diburu di dunia karena manfaatnya yang menyeluruh. Tidak hanya bersekolah di universitas terbaik, Anda juga mendapat uang saku bulanan, biaya sekolah, asuransi kesehatan, akomodasi, kursus bahasa Turki, tiket penerbangan, dan program akademik hingga budaya. Sekali lagi, semuanya gratis!

Jurusan di Turkiye Burslari

Beasiswa Turki memberi kesempatan bagi siswa internasional untuk belajar di universitas paling bergengsi di negara Turki. Turkiye Burslari menawarkan banyak jurusan pendidikan yang bisa dipilih. Adapun jenis-jenis program yang ditawarkan oleh beasiswa ini adalah sebagai berikut:

1. Full Time Program

Adalah yang paling banyak dipilih pelajar internasional karena mencakup beasiswa penuh waktu bagi program S1, S2, dan S3. Beasiswa full time terdiri dari:
  • Program Beasiswa Sarjana (Undergraduate Scholarship Program): diberikan untuk calon mahasiswa sarjana (S1) asing untuk menempuh pendidikan di semua program sarjana di Turki.
  • Program Beasiswa Pascasarjana (Graduate Scholarship Program): Beasiswa Pascasarjana diberikan untuk mahasiswa level master dan doktor. Program yang ditawarkan mulai dari Ilmu Sosial, Humaniora, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik.
  • Program Beasiswa Seni (Art Scholarship Program): Mahasiswa internasional tingkat sarjana, master, dan doktor di bidang ilmu musik, seni pertunjukan, dan seni rupa bisa mendapatkan beasiswa ini untuk belajar di Ankara University of Music and Fine Art.

2. Short-Term Program

Sesuai dengan namanya, ini merupakan program beasiswa jangka pendek yang menyasar kelompok tertentu maupun profesional. Beasiswa jangka pendek terdiri dari:
  • Success Scholarship Program: diberikan kepada mahasiswa yang telah bersekolah di Turki dengan biaya mandiri dan memiliki prestasi akademik baik. Berlaku selama 1 tahun untuk jenjang S-1, S-2, dan S-3. Fasilitas yang ditawarkan adalah uang saku bulanan.
  • Research Scholarship Program: ditujukan bagi peneliti dan akademisi internasional agar melakukan riset bersama dengan akademisi Turki. Hanya tersedia untuk mahasiswa doktoral yang sedang menyusun disertasi. Fasilitas yang ditawarkan berupa uang saku bulanan.
  • Turkish Language Program for Public Officials and Academicians (KATIP): diperuntukkan bagi pejabat publik asing, diplomat, akademisi, dan peneliti selama 8-10 bulan. Fasilitas yang diberikan mencakup uang saku bulanan dan akomodasi.
Seperti halnya pengajuan beasiswa yang lain, ada syarat dan tata cara pendaftaran yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa. Simak penjelasan di bawah ini agar Anda lebih memahaminya.

Persyaratan Beasiswa Turkiye Burslari

Agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan pengajuan Anda ditolak, berikut adalah persyaratan dan cara mendaftar beasiswa Turkiye Burslari yang perlu diketahui.

Syarat Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan Anda telah memenuhi syarat-syarat di bawah ini:
  1. Kartu Identitas terbaru (KTP/paspor/kartu identitas resmi lainnya).
  2. Pas foto terbaru.
  3. Hasil Ujian Nasional (jika ada).
  4. Ijazah dan atau Surat Keterangan Lulus. Jika Anda belum lulus, maka dapat menggunakan surat keterangan akan lulus (Letter of Expected Graduation).
  5. Transkrip/Daftar Nilai.
  6. Sertifikat Penghargaan (opsional).
  7. Hasil Ujian Internasional (GRE, GMAT, SAT, dan lainnya, hanya jika diminta oleh universitas).
  8. Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL, DELF, dan semacamnya, hanya jika diminta oleh universitas).

Cara Mendaftar

Secara garis besar, cara mendaftar beasiswa Turkiye Burslari adalah:
  1. Membuat akun pendaftar di laman pendaftaran resmi beasiswa Turkiye Burslari.
  2. Mengunggah dokumen syarat pendaftaran.
  3. Mengisi daftar pilihan nama universitas dan jenis program studi.
  4. Calon mahasiswa diharuskan membuat esai berisi pengalaman dan rencana di masa depan.
  5. Submit.
Bagi para sarjana yang ingin melanjutkan program magister dan doktoral dengan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia, coba saja mengajukan Beasiswa LPDP.

Jika kesulitan saat mendaftar beasiswa Turkiye Burslari, langsung saja hubungi Schoters.com. untuk membantu memastikan dokumen dan syarat yang lain telah disiapkan dengan tepat. Schoters juga menyediakan layanan konsultasi untuk menentukan pilihan beasiswa yang tepat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cek Persyaratan Beasiswa Turkiye Burslari Terbaru"