Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hoist Crane: Pengertian, Cara Kerja dan Cara Memperbaiki

Hoist crane digunakan untuk memudahkan pemindahan barang di segala lini industri. Perangkat ini terdiri dari berbagai jenis tergantung fungsi yang menyertainya. Pahami dulu pengertian, jenis, hingga cara kerja sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan mesin ini.

Apa Itu Hoist Crane?

Hoist Crane terdiri dari dua mesin yang berbeda, yaitu Hoist dan Crane. Keduanya memiliki fungsi tersendiri yang bisa dijelaskan sebagai berikut:
  • Hoist adalah mesin yang dibuat khusus untuk mengangkat dan menurunkan beban berat secara vertikal. Karena itu, hoist hanya dapat bergerak ke satu arah.
  • Crane adalah mesin pemindahan barang yang dapat bergerak ke berbagai arah sehingga mampu memindahkan objek secara vertikal maupun horizontal.
Prinsip kerja dari masing-masing perangkat di atas lantas digabungkan dan menghasilkan fungsi hoist crane sebagai alat pemindahan beban berat dari satu titik ke lainnya secara multi arah.

Cara Kerja Hoist Crane

Hoist crane bekerja mengangkat beban berat menggunakan tali atau kawat yang melilit pada sebuah drum atau roda. Agar drum dapat bergerak, dibutuhkan daya listrik untuk menggerakkannya.

Meski demikian, pada tipe manual, drum akan dioperasikan tanpa daya listrik tapi menggunakan tenaga mekanis. Alat pengangkat yang dipakai bisa berupa tali, rantai, ataupun kawat sling.

Komponen Penting di dalam Hoist Crane

Komponen Penting di dalam Hoist Crane

Hoist crane berfungsi untuk mengangkat, menurunkan, dan memindahkan beban berat secara aman dan efisien. Agar dapat menjalankan fungsinya dengan benar, hoist crane harus dilengkapi komponen-komponen penting, yakni:

Drum

Drum terbuat dari besi cor atau baja dan berfungsi untuk menyimpan kabel hoist. Komponen ini dihubungkan dengan sistem penggerak crane dan akan berputar untuk mengendalikan kabel hoist.

Kabel Hoist

Pada hoist crane, kabel hoist berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan beban. Komponen ini harus terbuat dari bahan yang kuat, seperti baja dan sintetis. Kabel hoist dihubungkan ke drum dan ditarik saat pengoperasian crane.

Girder

Girder berguna untuk menopang dan menahan beban yang diangkat, biasanya terbuat dari baja. Terdapat beberapa jenis girder dalam hoist crane, seperti single, double, dan underslung girder.

Hook

Hook terbuat dari baja dan berfungsi untuk mengaitkan beban yang akan diangkat. Industri bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dengan memilih menggunakan hook single ataupun hook double.

Brake

Jika terjadi kerusakan sistem, brake berfungsi untuk menghentikan kerja hoist crane secara cepat namun aman. Brake biasanya terletak di dalam drum dan dapat dioperasikan baik secara otomatis atau manual.

Merawat Hoist Crane

Agar tidak mudah rusak, Anda harus rutin melakukan perawatan hoist crane. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk merawat perangkat ini untuk mempertahankan kinerjanya:
  • Jangan mengangkat beban melebihi daya angkat maksimum.
  • Gunakan helm dan alat pengaman lain saat mengoperasikan alat ini.
  • Pastikan beban stabil dan seimbang sebelum memulai proses pengangkatan.
  • Jangan mengangkat beban berat secara mendadak.
  • Setelah proses pengangkatan selesai, hentikan hoist crane di tempat yang telah tersedia. Demi keselamatan pekerja, atur hook pada ketinggian 2 meter. Lepaskan semua alat bantu angkat dari hook.
  • Lakukan pengecekan secara teratur pada sistem operasional dan sistem kelistrikan.
  • Pastikan semua komponen, seperti hook, tali sling, rel, motor, hingga mur, baut, dan pin pengaman berada dalam kondisi baik.
Hoist crane bersifat custom di mana spesifikasi dan penggunaannya harus disesuaikan dengan keadaan di lapangan. Untuk itu dibutuhkan distributor berpengalaman serta memiliki tim profesional seperti Megajaya yang siap memenuhi kebutuhan industri untuk pengangkatan barang.

Kami menyediakan berbagai peralatan pengangkatan barang, termasuk yang dapat digabungkan dengan hoist crane, seperti chain block kapasitas 1, 2, 3, dan 5 ton.

Silahkan kunjungi Megajaya yang telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam hal lifting equipment. Kami hanya menyediakan merk hoist crane terbaik demi keamanan dan efektivitas proses industri perusahaan Anda.

Posting Komentar untuk "Hoist Crane: Pengertian, Cara Kerja dan Cara Memperbaiki"