Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelusuri Profesi Data Scientist yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Bincang profesi kali ini adalah pembahasan mengenai Data Scientist beserta peluangnya di masa depan. Kecanggihan teknologi internet dan penyimpanan data membuat Data Scientist banyak dicari, bahkan tak sedikit perusahaan yang menawarkan gaji fantastis untuk profesi tersebut.

Profesi Data Scientist diartikan sebagai seorang yang handal dalam pengolahan dan analisis data. Akan tetapi, tanggung jawab yang harus dikerjakan tidak hanya sebatas itu saja dan luas cakupannya. Untuk bisa menjadi seorang ilmuwan data, ada banyak hal yang mesti dipelajari.

Seberapa Besar Kebutuhan Akan Data Scientist di Indonesia?

Data Scientist telah masuk dalam pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat, mengingat saat ini kebutuhan akan internet juga semakin pesat. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 1.000 lowongan untuk pekerjaan menjadi seorang ilmuwan data yang bisa Anda temukan.

Dengan banyaknya jumlah lowongan tersebut, maka tak heran jika kini banyak yang memilih untuk belajar menjadi Data Scientist. Sebab, prospek kerja kedepannya sangatlah menjanjikan dibanding pekerjaan lain.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist?

Menelusuri Profesi Data Scientist yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Mengingat kebutuhan Data Scientist di Indonesia yang cukup banyak, maka Anda juga harus tahu apa saja tanggung jawab dan tugas yang akan diemban. Terutama jika Anda memutuskan untuk terjun dalam profesi ini di masa depan.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat menjadi seorang Data Scientist? Berikut simak penjelasan lengkapnya!

1. Riset dan Pengumpulan Data

Ketika menjadi seorang Data Scientist, tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset juga mengumpulkan data. Tentu saja data yang dikumpulkan harus berasal dari sumber yang relevan.

Data tersebut kemudian harus dibersihkan atau diperiksa agar ditemukan mana yang lebih akurat. Hal ini mencegah adanya data yang tidak valid atau mengandung kesalahan, hingga nantinya proses analisis bisa dijalankan dengan lebih sesuai.

2. Analisis dan Pengolahan Big Data

Setelah melalui proses pengumpulan, selanjutnya wajib untuk melakukan analisis serta pengolahan data. Pada perusahaan besar, data yang dianalisis dan diolah tentu volumenya jauh lebih besar dan lebih banyak pula.

Saat bincang profesi mengenai Data Scientist, Anda juga wajib menguasai ilmu di bidang matematika, statistik dan juga pemrograman. Contoh platform pemrograman yang harus dikuasai seperti Hadoop, Pig atau Hive dan lain sebagainya.

3. Penafsiran Data

Setelah mengumpulkan dan menganalisis, Data Scientist juga harus bisa menafsirkan data yang telah diolah. Bisa dibilang, Anda mesti menjelaskan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami bahkan bagi orang awam sekalipun.

Tujuan dari penafsiran data ini supaya orang dalam perusahaan bisa memahami dengan baik dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan. Dalam urusan visualisasi data biasanya ada software khusus yang akan membantu Anda untuk hal tersebut.

4. Pemberian Saran

Menjadi Data Scientist memang tidak mudah, tapi pastinya sangat worth it dengan nominal gaji yang akan Anda peroleh. Tugas Data Scientist juga tidak berhenti pada penafsiran data saja, melainkan selanjutnya Anda harus berpartisipasi dalam pemberian saran.

Anda tentu lebih paham dengan data yang telah dianalisis, sehingga memberikan masukan akan sangat berguna bagi perusahaan. Perusahaan kemudian akan membuat strategi bisnis berdasarkan data yang sudah Anda olah dan mencari cara untuk mengembangkan produk-produk mereka.

Cara Jadi Data Scientist

Terkait bagaimana cara menjadi Data Scientist, Anda mesti menyelesaikan pendidikan yang berhubungan dengan bidang tersebut. Misalnya mengambil jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika, Statistika atau Matematika.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil kursus pemrograman untuk belajar lebih lanjut agar bisa mengembangkan kemampuan menjadi lebih baik. Anda pun mesti punya sertifikasi yang membuktikan tentang kemampuan dalam mengolah dan menganalisis data.

Sertifikasi data scientist Indonesia yang bisa Anda ambil salah satunya dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Kemudian selain sertifikasi, tidak ada salahnya untuk ikut magang atau mengambil proyek sampingan supaya kemampuan dan pengalaman Anda lebih berkembang.

Nah, dari bincang profesi mengenai Data Scientist di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk mencoba pekerjaan tersebut? Semoga informasi di atas bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Menelusuri Profesi Data Scientist yang Paling Banyak Dicari Perusahaan"