Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Membuat Lulusan S1 Farmasi Menjanjikan untuk Beberapa Tahun ke Depan?

Jurusan farmasi merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak dipilih saat masuk di perguruan tinggi. Tak kita pungkiri bahwa hal ini karena banyaknya peluang kerja setelah lulus sehingga lebih menjanjikan masa depan yang cerah.

Mata kuliah farmasi ini sangat cocok bagi calon mahasiswa yang sejak SMA sudah menyukai ilmu kimia dan kesehatan. Dengan begitu mahasiswa tidak akan menemukan kesulitan yang berarti saat menerima pelajaran. 

Dan selanjutnya dalam penerapan ilmunya, mahasiswa farmasi diharuskan bisa melakukan praktik farmasi tradisional hingga modern. Selain itu juga harus menjaga keamanan penggunaan obat, serta mensosialisasikan informasi obat dengan baik.

Peluang Pekerjaan Lulusan S1 Farmasi

Peluang Pekerjaan Lulusan S1 Farmasi

Lulusan S1 Farmasi memiliki peluang kerja yang cukup luas sehingga banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Berikut ini peluang kerjanya:

1. Industri

Meskipun biaya kuliah farmasi terbilang cukup mahal dibanding jurusan lainnya, jurusan S1 Farmasi tetap menjadi pilihan karena peluang kerjanya yang cukup luas, antara lain di bidang industri. 

Beberapa perusahaan membutuhkan lulusan S1 Farmasi, yakni perusahaan jamu, perusahaan obat, perusahaan makanan dan minuman, dan perusahaan kosmetik.

2. Peneliti Farmasi

Pelajaran farmasi di bangku kuliah bisa diterapkan pada dunia pekerjaan yakni sebagai peneliti farmasi. Topik penelitian yang diambil antara lain tentang obat herbal yang bisa menjadi pengobatan alternatif selain obat kimia. Dengan begitu ilmu farmasi bisa bermanfaat bagi masyarakat. 

Hasil penelitian yang bisa dibuktikan kebenarannya akan diakui sebagai penemuan. Bagi peneliti, di Indonesia akan masuk dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

3. Dosen

Lulusan S1 Farmasi juga bisa menjadi dosen. Peluang kerja menjadi dosen ini juga banyak dipilih universitas terbaik, khususnya bagi mahasiswa yang suka dengan dunia pendidikan. Namun untuk menjadi dosen, setelah menyelesaikan S-1, maka harus melanjutkan kuliah S2 Farmasi.

Biaya kuliah farmasi swasta umumnya lebih tinggi, maka sebaiknya mencoba untuk mendaftarkan diri di perguruan tinggi negeri dengan biaya kuliah yang lebih terjangkau.

4. Apotek dan Rumah Sakit

Lulusan S1 Farmasi juga berpeluang besar untuk menjadi apoteker di apotek dan rumah sakit. Segera setelah menyelesaikan pendidikan S-1 maka bisa langsung siap kerja.

5. Lembaga Pemerintahan

Sebagian besar lulusan S1 Farmasi dapat bekerja di lembaga pemerintahan, yakni di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

6. Ahli Kecantikan

Lulusan S1 Farmasi juga bisa menjadi ahli kecantikan atau aesthetician di klinik kecantikan. Pekerjaan ini adalah bagi mereka yang terlatih dan terampil dalam melakukan perawatan kecantikan sesuai dengan standar. 

Seorang ahli kecantikan bertugas memberikan konseling dan menyediakan program yang sesuai dengan tujuan dan kondisi klien, misalnya kulit keriput, penuaan dini, dan perut selulit.

7. Sales

Lulusan S1 Farmasi juga bisa bekerja sebagai staf penjualan. Meskipun sebagai sales, namun lulusan farmasi akan mendapatkan gaji yang cukup bagus, karena selain gaji pokok juga ada bonus penjualan. Lulusan S-1 Farmasi https://pafipaniai.org/selalu memiliki peluang menjanjikan, maka jurusan farmasi selalu menjadi pilihan bagi sebagian besar calon mahasiswa.

Mendaftarkan diri di perguruan tinggi negeri selalu menjadi alternatif pertama, karena biaya kuliah farmasi negeri jauh lebih murah daripada kuliah di perguruan tinggi swasta. Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Apa yang Membuat Lulusan S1 Farmasi Menjanjikan untuk Beberapa Tahun ke Depan?"