Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sorong Selatan (PAFI) mulai menghimbau untuk tidak mengabaikan gejala sakit perut kronis. Pasalnya sebagian menganggap sakit perut sebagai hal lumrah.

Padahal sakit perut yang berkelanjutan bisa menjadi indikasi awal masalah kesehatan serius. Dalam intensitas ringan penyebab perut kram bisa dipicu oleh gangguan pada organ dalam perut.

Misalnya seperti lambung, usus, limpa, Pankreas, hati, empedu, dan ginjal. Nyeri ini umumnya bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih atau mengkompres daerah perut menggunakan air hangat.

Namun bagaimana jika nyeri perut berulang dan tak kunjung sembuh?

Cara Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Cara Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Sakit perut berkepanjangan sering disebut sakit perut kronis. Kondisi ini terjadi berulang dimana rasa sakit berlangsung lama dengan intensitas waktu lebih dari tiga bulan.

Gejalanya ditandai dengan perut sering kram, cepat kenyang hanya dengan beberapa suapan, kembung, nyeri, dan tertusuk di area perut.

Cara menyembuhkan kram perut kronis lebih serius. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, Anda bisa segera periksakan diri ke dokter.

Atau Anda bisa melakukan 4 cara mengatasi kram perut dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sorong Selatan berikut untuk penanganan sementara:

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri seperti, Ibuprofen atau Parasetamol bisa Anda konsumsi untuk meringankan rasa sakit sementara.

Sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut, obat ini akan sangat membantu meskipun tidak mengobati. Keduanya bisa Anda beli dengan mudah di apotik manapun.

2. Menjalani Diet BRAT

Cara meredakan sakit perut berkelanjutan cukup ampuh yaitu menjalani diet BRAT. Apa itu diet BRAT.

Diet BRAT sendiri merupakan singkatan dari 4 makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita sakit perut yang tak kunjung sembuh.

Keempatnya terdiri dari pisang, nasi, buah apel yang dihaluskan, dan roti panggang. Untuk gangguan perut seperti diare, BRAT dinilai sangat membantu.

Khususnya dalam hal memadatkan tinja serta meringankan gejala diare.

3. Hindari Makanan yang Memicu Nyeri

Keadaan organ dalam perut yang tidak sehat membuat penderita sakit perut kronis harus hati - hati dalam mengkonsumsi makanan.

Agar sakit tidak kambuh sebaiknya hindari makanan yang mengandung kafein atau alkohol, makanan asam, susu maupun produk olahan sejenisnya.

4. Segera Konsultasi dengan Dokter

Cara terakhir yang wajib Anda lakukan jika kram perut tidak berkurang yaitu segera konsultasi dengan dokter.

Di tahap awal, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menegakkan diagnosis kenapa perut tiba - tiba kram.

Tahap berikutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam dengan cara ultrasonografi rongga perut.

Tindakan ini biasanya bertujuan untuk melihat kondisi area perut bagian dalam dengan lebih jelas.

Demikian 4 cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh versi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sorong Selatan (PAFI).

Anda juga bisa mendiskusikan seputar masalah kesehatan lain dengan mengunjungi website PAFI.

Sebagai wadah para ahli farmasi website coba dihadirkan untuk memberikan kemudahan para anggota berkontribusi kepada masyarakat seluruh Indonesia.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh"