Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konservasi Biodiversity: Langkah-Langkah Kecil yang Berpengaruh Besar

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman Biodiversity. Letak geografis yang tepat berada di garis khatulistiwa menjadi sebab munculnya berbagai varietas flora dan fauna yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Keanekaragaman hayati tersebut tentunya layak untuk menjadi perhatian bersama. Menjaga kelestarian Indonesia biodiversity adalah kewajiban semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Menjaga kelestarian flora dan fauna di dalamnya akan menjaga kelangsungan atau stabilitas alam. Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan adalah konservasi. Simak penjelasan detailnya berikut ini, ya!

Tentang Biodiversity di Indonesia

Biodiversity di Indonesia

Keanekaragaman hayati di Indonesia memang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Ibu Pertiwi memiliki ratusan jenis flora dan fauna yang tersebar di seantero wilayah Indonesia.

Setiap pulau baik pulau besar maupun kecil memiliki flora dan fauna endemik sesuai kondisi geografisnya. Mulai dari hutan tropis hingga padang sabana, semuanya ada di zamrud khatulistiwa.

Adapun keanekaragaman hayati tidak hanya tersebar di wilayah daratan saja, tetapi juga mencakup wilayah laut. Bahkan lautan Indonesia merupakan wilayah marine mega biodiversity yang sudah diakui dunia internasional.

Lantas mengapa Indonesia mendapat sebutan marine mega biodiversity? Sebagai negara maritim, luas wilayah perairan Indonesia mencapai 5.9 juta km2. Di samping itu, iklim tropis pun berperan dalam menciptakan varietas hayati yang beragam.

Dengan demikian tidaklah mengherankan apabila ekosistem laut Indonesia sungguh luar biasa. Selain ikan dan mamalia laut, hamparan terumbu karang yang indah pun tersebar di berbagai penjuru.

Bahkan pertambangan, energi, dan invertebrata laut juga dapat Anda temukan di wilayah perairan Indonesia. Betapa luar biasanya keanekaragaman hayati ini dan tentunya akan sangat disayangkan jika tidak dijaga kelestariannya.

Langkah-Langkah Konservasi Biodiversity

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, konservasi biodiversity adalah hal penting yang wajib dilakukan agar Ibu Pertiwi tidak kehilangan ekosistem alam dari pangkuannya. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah konservasi berikut ini:

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Hal mendasar yang penting untuk dilaksanakan adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat. Mulai dari sosialisasi hingga workshop, semuanya patut dilaksanakan dengan baik.

Manusia yang hidup berdampingan dengan alam idealnya memahami perlakuan yang baik. Apabila masyarakat selalu getol dalam melindungi keanekaragaman hayati, predikat ASEAN Biodiversity Heroes bukan tidak mungkin untuk dicapai.

Perlindungan Flora & Fauna

Upaya perlindungan flora dan fauna khususnya varietas yang langka hendaknya tetap berjalan secara berkelanjutan. Upaya ini membutuhkan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan segenap pemangku kepentingan lainnya.

Penguatan Regulasi

Segala upaya akan menjadi percuma jika tidak didukung dengan regulasi yang kuat. Tidak sebatas menelurkan kebijakan saja, melainkan juga penindakan yang tegas kepada segenap pelanggar hukum yang merusak alam.

Mulai dari pembalakan liar hingga perburuan satwa harus ditindak tegas agar tidak terulang secara terus menerus dan merusak ekosistem.

Pendekatan Saintifik

Perlindungan dan pengelolaan secara berkelanjutan akan lebih afdal jika berkolaborasi dengan perguruan tinggi, lembaga riset, dan segenap periset/akademisi yang mumpuni.

Pemerintah, masyarakat, dan segenap masyarakat yang terlibat akan memperoleh sokongan ilmu dan wawasan yang relevan serta tepat guna dalam pengelolaan keanekaragaman hayati, baik ekosistem darat, laut, hingga udara.

Kini Anda sudah memahami pentingnya menjaga kelestarian Biodiversity di Indonesia berikut peranan penting konservasi. Sebagai masyarakat, Anda dapat berpartisipasi dengan aktif memberi informasi dan tidak merusak alam untuk kepentingan pribadi.

Posting Komentar untuk "Konservasi Biodiversity: Langkah-Langkah Kecil yang Berpengaruh Besar"