Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Virtex: Jenis dan Cara Menghindarinya

Tingginya angka kepemilikan smartphone dan meningkatnya ketergantungan terhadap perangkat ini ternyata membuka jalan bagi para scammer. AshefaNews akan menjelaskan salah satu kejahatan siber yang banyak terdeteksi pada ponsel cerdas, yaitu Virtex.

Apa Itu Virtex?

Virus text atau virtex adalah sejenis teks virus yang mengakibatkan berbagai aplikasi yang sedang berjalan di smartphone menjadi terganggu. Virtex berbentuk sekumpulan berbagai simbol dan karakter unik yang sangat panjang dan sulit dibaca.

Penyebaran virtex bisa dilakukan melalui aplikasi, yang paling sering adalah lewat WhatsApp. Jika pemilik smartphone membuka pesan yang mengandung apa itu virtex WhatsApp, maka aplikasi ini akan langsung mengalami gangguan sehingga tidak bisa dibuka.

Virtex bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis tergantung dampak yang ditimbulkannya. Anda perlu tahu jenis-jenis virtex agar paham cara mengatasi virus ini.

3 Jenis Virtex Berdasarkan Dampaknya

Apa Itu Virtex: Jenis dan Cara Menghindarinya

Serangan virtex dapat menyebabkan aplikasi WhatsApp di smartphone mengalami gangguan, antara lain macet saat membukanya hingga tidak bisa masuk ke aplikasi tersebut. Terdapat tiga jenis virtex berdasarkan efek yang ditimbulkannya.

1. Virtex Mudah (Easy)

Merupakan jenis virtex yang memberikan efek ringan dan tidak menimbulkan risiko pada smartphone. Dampaknya hanyalah terjadi “lag” yang bersifat sementara.

2. Virtex Sedang

Link virtex sedang dikatakan mampu memuat hingga 66 ribu karakter dan jika dikirimkan secara berulang-ulang ke banyak target (spam) akan berpotensi menjadi virus. Akibatnya, aplikasi WhatsApp menjadi tidak dapat beroperasi seperti sedia kala.

3. Virtex Ganas

Merupakan tingkatan tertinggi yang memberi dampak paling merusak. Virtex ganas mampu memuat hingga lebih dari 66 ribu karakter dan berpotensi merusak sistem operasi smartphone yang terserang. Pengoperasian ponsel menjadi lebih berat hingga menyebabkan kerusakan total.

Melihat efek yang ditimbulkannya pada pengoperasian perangkat seluler, mau tak mau Anda wajib mengetahui cara mengatasi virtex. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

4 Cara Mengatasi Virtex

Daripada smartphone rusak akibat serangan virtex, maka Anda perlu mengetahui cara menghindari virus ini. Berikut 4 tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan ponsel dari virtex:

1. Tidak Menyebar Nomor WhatsApp Serampangan

Hindari menyebar nomor WhatsApp secara sembarangan untuk menghindari niat buruk seseorang yang ingin mengirimkan virtex. Paling aman, berikan nomor hanya kepada orang yang Anda kenal.

2. Langsung Hapus Pesan dari Nomor Tak Dikenal

Segera hapus pesan yang dikirim oleh nomor tak dikenal, apalagi jika hanya berupa simbol dan karakter unik. Bisa jadi nomor asing tersebut sedang mengirimkan link virtex.

3. Menggunakan Aplikasi WhatsApp Immune

Anda bisa mengunduh aplikasi MOD WhatsApp yang bernama WhatsApp Immune agar kebal terhadap virtex. Pengembang menjamin smartphone yang telah memiliki WhatsApp Immune tidak akan mengalami gangguan, seperti “lag”, yang disebabkan oleh virus ini.

4. Menghapus Data dan Instalasi Ulang

Apabila smartphone terlanjur terkena virtex, langsung hapus semua data WhatsApp dan copot pemasangan aplikasi ini. Langkah ini bisa menghindari berkembangnya efek merugikan yang disebabkan virtex. Setelah itu, Anda bisa melakukan instalasi ulang aplikasi WhatsApp di ponsel.

Daripada berisiko smartphone mengalami serangan berbagai jenis virus, segera hapus semua pesan dari nomor tak dikenal. Jika butuh informasi berita terkini dari dalam dan luar negeri, tips, hiburan, olah raga, dan lainnya, langsung saja masuk ke portal berita AshefaNews.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Virtex: Jenis dan Cara Menghindarinya"